nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Pevita Pearce dan Fakta Unik Dibalik Hobi Travelingnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 13 Desember 2017 16:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 13 406 1829783 mengenal-pevita-pearce-dan-fakta-unik-dibalik-hobi-travelingnya-bcWwe1UP5E.jpg

SEMUA orang mungkin setuju bahwa traveling menjadi salah satu cara terbaik untuk melepas rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Dalam perkembangannya, traveling kini sudah menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia, terutama bagi generasi millennial.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Topdeck Travel kepada 31.000 orang dari 134 negara berbeda, 88 persen di antaranya menyatakan telah melakukan perjalanan ke luar negeri rata-rata tiga kali dalam setahun. Uniknya, 94 persen koresponden dari survei tersebut berada di usia yang terbilang muda yakni, 18-20 tahun.

Secara tidak langsung, hal ini menunjukkan bahwa generasi muda lebih tertarik untuk traveling dibandingkan orang yang lebih tua. Beberapa waktu lalu, Okezone juga sempat melakukan wawancara khusus dengan Pevita Pearce, salah satu artis muda Indonesia yang dikenal memiliki hobi traveling.

Pemeran utama film "Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck" itu mengungkapkan bahwa traveling merupakan salah satu kegiatan yang paling ia nanti, untuk melepas rasa penat dari jadwal syutingnya yang sangat padat.

Pevita juga selalu melakukan persiapan yang sama seperti generasi millennial pada umumnya. Berikut hasil wawancara khusus Okezone dengan wanita kelahiran Jakarta 6 Oktober 1992 itu.

Dalam setahun biasanya liburan atau traveling berapa kali?

Liburan besar dua kali. Kalau liburan dadakan (2-3 hari) cukup sering, tinggal disesuaikan dengan jadwal kerja.

Lebih suka solo traveling atau sama orang terdekat, pacar misalnya?

Orang terdekat selalu aku ajak. Teman-teman aku selalu aku ajak. Tapi mereka ada kesibukan masing-masing, jadwalnya suka bentrok karena ada yang kerja kantoran. Jadi aku lebih sering solo traveling, atau ajak kakak. Kalau pacar lagi enggak ada, hehehe.

Lebih suka backpacking atau pakai tour guide?

Aku orangnya fleksibel. Aku pernah backpacking sendirian ke Thailand dan disitu ketemu banyak teman, tapi kalau lagi eksplorasi kami banyak pisahnya. Menurut aku ada beberapa hal menarik ketika sedang backpackeran seorang diri. Aku sempat ngalamin yang namanya tersesat, keterbatasan bahasa, tapi di balik itu semua selalu ada hal baru untuk dieksplorasi. That’s the fun about traveling.

Barang apa saja yang wajib dibawa saat traveling?

Dompet dan kamera. Tapi ujung-ujungnya kamera aku lebih sering ditinggalkan, karena aku lebih suka ngobrol dengan travelers lain. tapi aku gak terlalu sering foto-foto karena aku suka ngobrol sama turis-turis yang ada di situ juga, sharing.

Aktivitas apa yang sering dilakukan saat traveling?

Aku suka banget duduk di pantai, chill dan relax sambil dengerin musik yang sudah aku siapkan. Biasanya sebelum traveling, aku udah siapin playlist lagu khusus selama di tempat liburan. Jadi ketika sedang di pantai, aku bisa bersantai sambil mendengarkan lagu favoritku.

(Baca Juga: Foto Bareng Pria di Ranjang, Pevita Pearce Bikin Warganet Patah Hati)

Selain itu, aku juga biasanya bawa buku dan jurnal untuk menulis apa aja yang sedang aku pikirkan. Kadang-kadang juga suka menulis puisi, tapi enggak bagus sih cuman iseng aja. Aku juga suka nikmatin sunrise sama sunset, karena di momen itulah yang bisa bikin aku overwhelmed dan rileks banget.

Punya tips traveling low budget?

Kalau liburan dengan budget pas-pasan, harus banget setting atau tentukan destinasi dari jauh-jauh hari. Kedua, cek temen yang sudah pernah ke sana supaya kita bisa tahu tempat-tempat yang recommended, dan kita juga tahu biaya yang harus dikeluarkan berapa. Yang enggak kalah penting itu booking hotel dan tiket pesawat in advance, dan harus rajin-rajin cari promo. Untuk makanannya, bisa diakali dengan street food.

Ada tips khusus untuk mengatur anggaran traveling?

Kalau aku cara menyisihkannya itu dengan membeli tiket pesawat enam atau tujuh bulan sebelumnya. Perhitungannya harus sudah matang. Jadi misalnya tanggal sekian aku sudah berencana mau liburan ke UK, dari rencana awal aku sudah mulai siapkan anggaran, khususnya untuk tiket pesawat. Kalau ke Inggris itu paling mahal tiket pesawatnya, sedangkan tempat tinggalkan sudah banyak pilihan, mulai dari hostel, airbnb, atau hotel-hotel yang murah.

Kalau terjebak transit biasanya menghilangkan rasa bosan dengan cara apa?

Transit itu memang menyebalkan. Makanya aku selalu cari tiket direct. Sekarangkan sudah banyak pilihan, kita bisa adjust mau transit berapa lama. Kalau misalnya tidak ada pilihan lagi, menurut aku itu momen untuk bersantai dan rileks setelah terbang berjam-jam. Biasanya aku paksain jalan untuk lurusin kaki, cuci mata, atau shopping-shopping sedikit.

Resolusi 2018 mau traveling kemana saja?

Aku mau diving ke Derawan dan Raja Ampat. Mau ke Bali lagi untuk eskplorasi tempat-tempat baru di Ubud. Untuk destinasi internasionalnya, aku mau ke Jepang karena aku suka makanannya.

Apa yang harus dibenahi destinasi wisata di Indonesia kalau dibandingkan destinasi wisata luar?

Harus lebih mengedukasi visitor-nya untuk tidak buang sampah sembarangan. Itulah yang paling bikin concen ketika melihat sampah-sampah plastik bertebaran. Uniknya, justru bukan turis Asia yang sadar untuk menjaga kebersihan. Oleh karena itu, kita perlu mengedukasi orang-orang yang masih memiliki kebiasan membuang sampah sembarangan.

(Baca Juga: Selfie Bareng, Gigi Hadid Disebut Kalah Cantik dari Pevita Pearce)

Kalau berbicara fasilitas sudah cukup baik tapi belum terlalu mengesankan. Menurut aku kebersihan dulu yang harus diperhatikan. Wisatawan harus punya mindset “it's okay to put your trash in your bag.” Taruh dulu di tas, ketika ada tempat sampah baru dibuang semua. Jangan karena sampahnya kecil terus dijatuhkan di sembarang tempat, aku suka gemes ngeliatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini