nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desainer Indonesia Akan Kenalkan Kain Nusantara di Milan Italia

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 11:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 14 194 1830128 desainer-indonesia-akan-kenalkan-kain-nusantara-di-milan-italia-9AeI87fehY.jpg Kain Nusantara siap tampil di Milan Italia (Foto: Ajeng/Okezone)

BUDAYA Indonesia sangat beragam jenisnya. Berbagai cara bisa kita lakukan dalam memperkenalkan budaya Indonesia ke mata dunia, salah satunya melalui fashion.

Perhelatan fashion yang menampilkan perpaduan modern dengan kain khas Indonesia sudah semakin banyak digelar. Hal ini dilakukan agar warga lokal maupun asing dapat mengenali budaya Indonesia yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Melalui Acara Indonesia Cultural Fashion (ICF) dengan tema “Telling Indonesia To The World” yang akan digelar di Milan 19 Desember 2017 mendatang, Iwan Kurniawan akan memperkenalkan kain nusantara yang telah dirancang oleh beberapa desainer Indonesia. Sederet nama desainer yang ikut memeriahkan acara ICF tahun 2017 ini antara lain, Tyramona, ELEMWE, ALKHANSAS, dan Brand Territory dari artis ternama Indonesia Terry Putri.

Tahun lalu ICF juga sudah pernah digelar di Amsterdam, Belanda dan akhirnya memutuskan untuk menggelar kembali acara ini di Base Milano, Italia. “Melihat antusias luar biasa di tahun sebelumnya, perhelatan ini kembali kami gelar untuk terus melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia lewat seni musik dan fashion dengan membawa kain-kain daerah.” ujar Iwan saat ditemui Okezone pada Press Conference ICF belum lama ini.

Tema yang dibawakan oleh para desainer juga berbeda satu sama lain. Dari brand Territory menyajikan tema yaitu Territory of Borneo yakni busana wanita modern dengan sentuhan kain khas Banjarmasin bernama sasirangan.

“Saya ikut berpartisipasi ICF di tahun ini karena ingin agar Indonesia lebih dikenal di luar negeri dalam bidang fashion. Ini adalah kali pertama Territory mengikuti fashion show di Italia dan merupakan pencapaian istimewa tersendiri karena berhasil tampil di Milan yang dikenal sebagai kota pusat mode dunia.” ungkap Terry.

Model baju pun dibuat semodern mungkin namun masih dengan sentuhan kain khas daerah yang diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Kain-kain yang digunakan juga memiliki arti tersendiri seperti motif Pak Tedong Bonga yang digunakan desainer Tyramona di mana memiliki arti kerbau yang paling mahal di Toraja. Selain itu, pada pembukaan acara fashion tersebut dihadiri pula gitaris ternama Indonesia, Tohpati yang akan berkolaborasi dengan maestro kendang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini