Rinaldy Yunardi Gabungkan 5 Elemen Kehidupan dalam Balutan Avant Garde yang Menawan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 14 194 1830225 rinaldy-yunardi-gabungkan-5-elemen-kehidupan-dalam-balutan-avant-garde-yang-menawan-5FN3N7wPjK.jpg Fashion Show oleh desainer Rinaldy A. Yunardy (Foto: Sukardi/Okezone)

MENJADI karakter yang paten bagi Rinaldy A. Yunardi menciptakan mahakarya yang out of the box. Headpiece yang anti-mainstream sudah melekat dalam nama Rinaldy. Tapi, apa jadinya kalau sosok pria yang baru saja berulang tahun ini mencipta karya busana couture yang megah?

Dalam pagelaran fashion show bertajuk Equilibrium, Rinaldy coba mengemas sesuatu yang berbeda dari sebelumnya. Dia mencoba untuk memvisualisasikan 5 elemen bumi dalam karya avant garde yang menawan. Dari setiap elemen itu, Rinaldy meramu karya yang tidak biasa.

Sebut saja pada elemen air. Siapa sangka Rinaldy bakal mencipta butiran air meski dalam balutan busana berwarna hitam. Mungkin awalnya Anda akan berpikiran yang bakal keluar busana berwarna biru terang sejernih air pegunungan. Konsep anti-mainstream inilah yang menjadi kekuatan bagi setiap karya Rinaldy.

“Nanti kalian akan lihat bahwa elemen di bumi ini bisa divisualisasikan dengan konsep yang berbeda. Tapi, ada garis merah yang tetap menjadi pakem elemen itu sendiri,” paparnya saat presscon sebelum show di mulai di Ritz-Carlton Pasific Place, Jakarta Pusat, Rabu 13 Desember 2017.

Sementara itu, untuk elemen api, Rinaldy coba mencipta visual dari api itu sendiri. Percikan api yang kemudian digambarkan dengan aksesori yang indah pun tercipta dari tangan Rinaldy yang cukup lihai. Untuk “gong” dari elemen api ini juga Rinaldy mencoba membuat karya bodypiece yang cukup besar.

Beberapa koleksi busananya juga mendukung dengan baik karya Rinaldy. Untuk desainer koleksi busananya yang terlibat salah satunya adalah Susan Budihardjo. Koleksi busana dari show malam kemarin pun tak kalah uniknya.

Baca Juga:

Di elemen air misalnya. Semua model mengenakan busana yang terbuat dari akrilik dengan pola busana mini dress. Kemudian, untuk elemen udara, busana berbahan flowy memunculkan efek yang cukup indah. Putih menjadi warna dasar dari elemen ini.

Hal yang menarik dari elemen udara juga bahwa semua model mengenakan kuping palsu berbentuk seperti alien. Jika dilihat dengan baik, perpaduan antara headpieces dan kuping alien itu menciptakan sosok anime yang cantik. Busana yang dikenakan pun semakin menambah indah koleksi Rinaldy di Equilibrium ini.

“Sebetulnya, saya hanya ingin memperlihatkan keseimbangan yang ada di bumi ini. Di mana jika semua itu menyatu dan bekerja dengan baik, maka akan tercipta kehidupan yang indah dan damai. Saya juga ingin membawa pesan bahwa manusia harus lebih aware dengan hidupnya. Sebab, mereka tidak hanya hidup di bumi ini, tapi juga akan hidup di alam lain nantinya,” ungkap Rinaldy.

Menariknya, dari fashion show ini juga tampil 5 diva Indonesia dengan elemen-nya masing-masing. Selain itu, ada seorang diva tambahan yang ditunjuk sebagai mother of universe yang mana dia dianggap sebagai pemula dari terciptanya alam ini.

Ke-5 Diva tersebut adalah Titi DJ (elemen logam), Krisdayanti (elemen api), Rossa (elemen tanah), Syahrini (elemen udara), dan Andien (elemen air). Sementara itu, yang berperan sebagai mother of universe adalah Melly Goeslaw. Dia juga lah yang menciptakan lagu “Harra” khusus untuk show ini.

Baca Juga:

Perihal koleksi Rinaldy yang ditampilkan malam kemarin, dia mengeluarkan 47 koleksi dari 5 elemen yang ada. Kemudian, ditambah dengan 6 koleksi spesial yang dikenakan para diva Indonesia.

Terkait dengan bagaimana pendapat tamu undangan akan hasil penciptaan Rinaldy, Fashion Designer Rani Hatta mengungkapkan bahwa semua karya Rinaldy selalu memukau.

“Kesan avant garde yang dia selalu bawa pun tidak pernah hilang, terutama di karyanya yang terbaru ini. Great job, Koh Yung!” ucapnya pada Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini