nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Mainan Ini Bikin Anak Cepat Pintar Membaca dan Menulis

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 11:52 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 14 196 1830188 5-mainan-ini-bikin-anak-cepat-pintar-membaca-dan-menulis-XK0rMigMCz.jpg Ilustrasi (Foto: Coolmomtech)

SEBELUM Sekolah Dasar (SD) anak-anak tidak dituntut untuk bisa membaca, namun tak ada salahnya mengajarkan si kecil mengenal huruf sejak dini.

Sejak usia satu tahun anak-anak sudah bisa diperkenalkan dengan huruf dan angka lewat metode bermain. Beberapa mainan dapat membantu si kecil cepat pintar membaca dan menulis. Mainan menjadi alat menyenangkan bagi anak-anak bermain sambil mengasah kemampuannya.

Melansir dari Parents, Kamis (14/12/2017), inilah beberapa mainan yang membuat si kecil cepat pintar membaca dan menulis.

Basic building

Puzzle balok ini membantu si kecil mengenal tiga huruf dan angka dasar, A, B,C, dan 1, 2,3. Cara memainkan mainan ini adalah dengan membuka cetakan huruf dan angka kemudian dipasangkan ke tempatnya. Misalnya ketika si kecil memegang huruf B lalu memasang ke balok cetakan B, bimbing mereka mengeja B adalah baby, banana, atau buterfly. Puzzle ini cocok untuk anak berusia 12 bulan ke atas.

Foamtastic

Butiran-butiran ini digunakan untuk mencetak angka-angka yang ada di kartu. Di kartu huruf A, anak diminta untuk menaburkan butiran sesuai bentuk huruf. Semua huruf alfabet ada di kartu. Main jadi menyenangkan dengan butir-butir warna-warni.

Rainbow Magic

Untuk anak-anak usia 3 tahun ke atas, papan sketsa warna-warni ini cocok untuk mengajarkan mereka menulis sambil membaca. Mainan ini dilengkapi stamper dan stylus tebal untuk menulis. Ajari si kecil menulis angka 1,2,3, dan seterusnya sambil mengeja.

Baca Juga:

Dear diary

Dengan taburan glitter dan beberapa stiker emoji, anak-anak bisa menambahkan aksen-aksen lucu di diary pribadi mereka. Mainan ini pas untuk anak-anak usia 4 tahun ke atas yang sudah duduk di bangku Taman Kanak-Kanak.

Press down

Mainan ini menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak berusia 2 tahun ke atas. Mereka diminta mencetak bentuk huruf dari adonan lilin. Saat bermain mereka belajar mengenal bentuk huruf dan mengeja.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini