nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Disepelekan, Ini Tanda-Tanda Kekurangan Vitamin E

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 14 Desember 2017 12:37 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 14 481 1830183 jangan-disepelekan-ini-tanda-tanda-kekurangan-vitamin-e-vOlijbYXPF.jpg Rambut rontok bisa jadi tanda kekurangan vitamin E (Foto: Boldsky)

KEBUTUHAN vitamin E sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, banyak orang mengabaikan karena tidak paham manfaatnya.

Pastinya jika tubuh kekurangan vitamin E dapat mengalami sejumlah dampak bagi kesehatan. Anda seharusnya mengenali supaya tak berdampak buruk bagi kesehatan.

Kekurangan vitamin E biasanya ditandai dengan kulit kering, rambut rontok dan sering kram. Karenanya, Anda butuh memenuhinya supaya tubuh tetap sehat dan nyaman.

Dilansir Boldsky, Kamis (14/12/2017), ada tanda-tanda kekurangan vitamin E yang mudah dikenali. Simak ulasannya lebih lanjut sebagai berikut.

Sering kram

Kram pada berbagai otot bisa menjadi pertanda untuk mengetahui bahwa Anda menderita kekurangan vitamin E, B bersamaan dengan kalsium, magnesium dan potassium. Biasanya kram terjadi saat kurang bergerak dan terlalu lama duduk.

Nyeri otot

Seseorang yang kekurangan asupan vitamin E mudah mengalami nyeri otot dan tulang. Rasanya akan sangat tidak nyaman, apalagi saat kurang gerak.

Kesemutan

Tanda lain bila kekurangan vitamin E yakni rasa kesemutan yang berlebihan. Anda akan mengalami mati rasa yang menggelitik. Biasanya kesemutan terjadi di area tangan yang berlebihan.

Kulit bersisik

Saat digaruk dan kulit Anda bersisik pastinya menjadi tanda umum bahwa Anda kurang vitamin E. Kalau dibiarkan, kulit juga menjadi tidak cerah dan menjadi ruam meski dalam waktu sementara.

Mudah berkeringat

Meski Anda sedang tidak melakukan aktivitas fisik yang berat, tubuh mudah berkeringat. Hal ini pastinya membuat Anda tidak nyaman, sehingga harus dicegah. Perbanyaklah konsumsi asupan vitamin E dari banyak bahan makanan seperti kacang-kacangan, kale, sayuran hijau dan lainnya.

Kuku pecah-pecah

Kekurangan vitamin E dapat menyebabkan kuku mudah pecah dan mengelupas. Kulit di sekitar jari-jari tangan juga bisa mengalami hal yang sama dan tentunya tidak bagus dilihat.

Baca Juga:

Sumber vitamin E

Untuk mencegah tubuh kekurangan vitamin E, tentunya Anda perlu mengonsumsi makanan tertentu. Berikut makanan sumber vitamin E yang bisa Anda konsumsi seperti dilansir Stylecraze:

Alpukat

Hanya cukup setengah potongan alpukat mengandung 2 mg vitamin E dan 161 kalori. Selain vitamin terpenuhi dan kulit halis, asupan kalori Anda juga cukup.

Bayam

Bayam adalah makanan hijau yang sangat bergizi mengandung sejumlah kalsium, folat, serta vitamin E. Satu mangkuk bayam rebus dapat memenuhi 20 persen vitamin E yang dibutuhkan tubuh. Bayam juga merupakan sumber serat yang baik yang membantu melancarkan pencernaan sehingga cocok untuk diet.

Almond

Telah diketahui jenis kacang-kacangan ini mengandung vitamin E yang tinggi. Sekiranya ada 7,5 mg vitamin E pada setiap ons almond.

Biji bunga matahari

Satu ons biji bunga matahari kering atau yang lebih dikenal dengan kuaci memberikan 7,4 mg vitamin E. Atau sama saja memenuhi 90 persen dari kebutuhan vitamin E harian Anda. Sudah terbayang bukan jika Anda mengonsumsinya secara rutin, apa manfaat yang bisa didapatkan?

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini