nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bingung Mau Belanja Online atau Langsung di Toko? Baca Dulu Penjelasannya

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 16 Desember 2017 00:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 15 194 1831120 bingung-mau-belanja-online-atau-langsung-di-toko-baca-dulu-penjelasannya-fn0kIliQzY.jpg Ilustrasi (Foto: Etimg)

PERKEMBANGAN dunia digital turut memengaruhi cara seseorang belanja. Pasalnya, kini belanja secara online semakin populer di masyarakat. Terlebih situs belanja online dan akun online shop di media sosial semakin menjamur. Maka tak heran bila industri pertokoan menjadi goyah karena hal ini. Alasannya, banyak pelanggan yang lebih membeli barang secara online dibanding datang langsung ke toko.

Di sisi lain, masih ada pembeli yang lebih memilih untuk membeli barang secara langsung di toko karena masih belum percaya terhadap sistem pembelian ini. Akan tetapi, ada juga pembeli yang masih bingung untuk membeli barang secara online atau offline. Jika Anda termasuk masyarakat yang bingung, coba simak penjelasan berikut ini mengenai sistem belanja yang telah dirangkum Okezone, Sabtu (15/12/2017).

Belanja online

Keuntungan membeli barang secara online adalah Anda bisa membandingkan barang secara cepat karena hanya tinggal mengganti tab, tidak perlu keluar masuk toko. Selain itu, harga yang ditawarkan oleh pedagang online biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan barang di toko. Anda juga bisa mengunjungi situs pembelian online atau akun penjual di media sosial kapan saja Anda punya waktu dan lebih leluasa untuk memilih barang yang bervariasi tanpa harus diganggu oleh pramuniaga.

Belanja online juga memberikan Anda beragam pilihan yang lebih luas karena bisa membeli barang-barang dari luar negeri. Hal ini tentunya sekaligus menghemat pengeluaran karena Anda tidak perlu berkunjung ke negara lain untuk membeli barang. Tapi Anda perlu membayar biaya pengirimannya. Tak sampai di situ, banyak barang yang ditawarkan di toko online tidak ditemukan di toko offline sehingga terkesan limited.

Akan tetapi, pada saat membeli barang secara online, Anda harus memiliki sikap sabar dan ikhlas. Mengapa demikian? Pasalnya untuk mendapatkan barang tersebut Anda harus menunggu waktu pengiriman. Ikhlas dalam hal ini adalah sistem belanja online yang menerapkan bayar terlebih dahulu baru terima barang memungkinkan adanya risiko barang tidak dikirim. Dengan begitu Anda harus ikhlas uang Anda terbuang sia-sia. Selain itu, Anda juga harus menerima bila barang yang datang tidak sesuai dengan harapan atau rusak.

Belanja offline

Saat membeli barang ke toko, Anda dapat mengecek barang secara langsung sehingga terhindar dari mendapatkan barang yang rusak dan sesuai ekspektasi. Selain itu, Anda juga bisa langsung mendapatkan barang yang dipilih tanpa harus menunggu lama. Keuntungan lainnya adalah Anda bisa langsung mencoba barang yang ingin dibeli. Dengan begitu jika tidak pas, Anda bisa memilih barang yang lain.

Sayangnya, belanja di toko offline membutuhkan waktu yang lebih banyak untuk hanya sekadar memilih-milih barang. Ketika sedang memilih barang, Anda pun dibatasi oleh waktu karena toko offline memiliki jam buka tutup.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan pilihan belanja online atau offline tergantung dari keputusan dan kebutuhan masing-masing orang. Jika Anda termasuk orang yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk sekadar mencari barang atau baru bisa mencari setelah toko tutup, ada baiknya memilih belanja secara online. Di sisi lain, jika Anda memiliki banyak waktu dan tidak sabar untuk memiliki barang, pilihlah belanja langsung ke toko.

Hal lain yang harus diperhatikan adalah ada beberapa macam barang yang sebaiknya tidak dibeli secara online. Contohnya barang elektronik, sayuran, bahan makanan, furniture, dan benda-benda yang berkaitan dengan ukuran.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini