nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Pelajari Budaya Betawi? Kunjungi Setu Babakan!

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 15 Desember 2017 09:19 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 15 406 1830685 ingin-pelajari-budaya-betawi-kunjungi-setu-babakan-2gLLwqtKVI.jpg Setu Babakan (Foto: Okezone)

SETIAP daerah tentu memiliki kebudayaannya masing-masing, tak terkecuali Jakarta. Ibu kota Indonesia ini terkenal dengan budaya Betawi. Mulai dari makanan, kesenian, hingga gaya bicaranya.

Bagi Anda yang ingin mempelajari kebudayaan Betawi, Anda bisa mendatangi Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan. Terletak di Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan, tempat itu merupakan perkampungan masyarakat Betawi di Jakarta. Memiliki luas 32 hektar, di Setu Babakan terdapat Museum Betawi, danau, serta warung yang menjual aneka makanan dan minuman khas Betawi.

Di museum, Anda bisa melihat pameran lukisan, benda-benda antik, dan hasil produk budaya Betawi. Lukisan yang ada antara lain wajah aktor lawas asli Betawi Benyamin Sueb, komposer Ismail Marzuki, dan beberapa tokoh ternama Betawi lainnya. Ada pula benda-benda antik seperti senjata pusaka, alat musik klasik, batik, hingga sepeda ontel.

(Baca Juga: Nuansa Unik Kota Tua Bikin Liburan di Jakarta Lebih Asyik!)

Selain itu, di hari tertentu terdapat pertunjukan khas Betawi. Ada tarian khas seperti tari jaipong, pertunjukan lenong, hingga ondel-ondel. Terdapat pula sanggar seni untuk mempelajari tarian khas Betawi. Banyak wisatawan yang datang di akhir pekan atau hari libur untuk melihat pertunjukan.

Kawasan yang seringkali menjadi favorit wisatawan adalah sekitar danau. Sebab banyak pohon rimbun yang mengelilinginya sehingga suasana menjadi teduh dan sejuk. Pohon yang ditanam yaitu rambutan, mangga, pandan, palem, jamblang, melinjo, kecapi, jambu, krendang, nam-nam, guni, cimpedak, nangka, dan jengkol. Maka tak heran bila banyak yang senang duduk di sekitaran danau hanya untuk sekadar menikmati semilir angin atau memancing.

(Baca Juga: 3 Wisata Sejarah di Jakarta, dari yang Mistis hingga Peninggalan Antik)

Tak sampai di situ, wisatawan dapat menikmati kuliner khas Betawi di sekitar danau karena banyak penjual makanan dan minuman. Mulai dari arum manis, kerak telor, toge goreng, nasi uduk, nasi ulam, rujak bebek, bir pletok, es potong, hingga es durian. Wisatawan juga bisa membeli oleh-oleh khas Betawi yaitu dodol.

Hal lain yang menarik minat wisatawan di danau adanya wahana sewa perahu bebek. Cukup banyak wisatawan yang mengantri untuk menaiki perahu bebek ini. Alasannya tak lain adalah karena harga sewanya jauh lebih murah bila dibandingkan dengan tempat wisata lain.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini