Benarkah Sabun Antisepstik Lebih Efektif Membunuh Kuman?

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 15 Desember 2017 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 15 481 1830833 benarkah-sabun-antisepstik-lebih-efektif-membunuh-kuman-cOvHXZCYSt.jpg Cuci tangan (Foto: Thoughtco)

CUCI tangan pakai sabun sangat disarankan untuk membasmi kuman yang menempel di tangan. Tapi terkadang Anda bingung, lebih efektif mana penggunaan sabun biasa dan sabun antiseptik saat ingin cuci tangan?

Bahan sabun antiseptik pasti diklaim punya zat pembunuh kuman penyebab segala penyakit. Pastikan selalu sedia sabun berbahan antiseptik di rumah supaya mudah dipakai saat kondisi darurat.

BACA JUGA:

Pemakaian sabun antiseptik dapat menurunkan risiko penyakit yang mematikan. Paling umum yakni mencegah penyakit infeksi yang berbahaya.

Medical Science Liaison Munipharma Indonesia dr Anna Mesiana mengatakan, saat cuci tangan sebaiknya Anda menggunakan sabun antiseptik. Sabun ini bisa menurunkan risiko penyakit infeksi yang umum dialami setiap orang.

"Cuci tangan lebih baik pakai sabun antiseptik. Kalau pakai sabun biasa boleh saja, tapi kurang efektif dalam membunuh kuman," kata dr Anna di sela Edukasi Pengelola 186 RPTRA DKI Jakarta bersama Mundipharma di RPTRA Kalijodo, Jakarta Barat, Jumat (15/12/2017).

Cuci tangan pakai sabun, tambah dr Anna, harus selalu diterapkan saat akan membersihkan luka. Hal ini dampaknya lebih menjaga diri dari kuman dan bakteri yang bisa menempel di sisa luka.

Jika ada kondisi darurat dan kepepet, sebagai gantinya Anda bisa menggunakan hand sanitizer atau tissue basah. Pilih yang tidak mengandung alkohol, tapi ada kandungan antiseptiknya.

"Setiap membersihkan luka terapkan selalu cuci tangan pakai sabun. Memang sepele kebiasaan ini harus diterapkan supaya tidak menularkan kuman," bebernya.

Ada banyak jenis sabun antiseptik yang dijual di pasaran. Tapi jenis tertentu hanya bisa membunuh jamur. Jika ingin menggunakan, sebaiknya Anda menggunakan antiseptik yang bisa membunuh kuman, bakteri, jamur hingga spora sekaligus.

Adapun cuci tangan bisa dilakukan dengan 6 langkah. Mudahnya, melakukan teknik cuci tangan sambil menyanyikan lagu Happy Birthday sebanyak dua kali.

Adapun langkah cuci tangan yang tepat yakni sebagai berikut ini.

1. Gosok kedua telapak tangan dengan menempelkan bagian telapak tangan yang satu dengan yang lain.

2. Gosok kedua punggung tangan. Telapak tangan kanan menggosok punggung tangan kiri. Lakukan pada tangan sebaliknya.

3. Menggosok sela-sela jari dengan cara menyilangkan jari tangan kanan dengan kiri.

4. Gosok bagian dalam dan punggung jari dengan posisi ujung jari saling mengunci.

5. Bersihkan ibu jari. Gosok ibu jari tangan kiri secara memutar dalam genggaman tangan kanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.

BACA JUGA:

6. Membersihkan kuku dan ujung jari dengan cara menguncupkan ujung-ujung jari sehingga saling bertemu. Kemudian gosokkan pada telapak tangan yang berlawanan. Lakukan pada tangan sebaliknya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini