nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Beli Baju di Online Shop agar Pas di Badan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Minggu 17 Desember 2017 14:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 16 194 1831196 tips-beli-baju-di-online-shop-agar-pas-di-badan-mIFVSK2scQ.jpg Ilustrasi (Foto: Pymnts)

MASIH menjadi kendala sampai sekarang ketika Anda disuru untuk belanja online pakaian. Asumsi barang akan jauh berbeda dari kondisi foto, pakaian kebesaran atau kekecilan, atau bahan tidak enak dikenakan masih banyak dipikirkan.

Hal itu sebetulnya sangat wajar terjadi. Sebab, Anda tidak bertemu langsung dengan baju yang Anda mau beli. Sekalipun si produsen mematok harga yang tinggi, di mana biasanya barang mahal akan menetukan kualitas, tetap saja Anda ingin jajal langsung. Sreg di hati apa tidak.

Sebetulnya, online shop sudah memberikan panduan yang cukup lengkap mengenai ukuran baju tersebut. Biasanya pada beberapa website fashion branded laman ukuran pakaian itu ditempatkan terpisah. Tapi, pada beberapa kasus khususnya di Instagram, ukuran baju langsung disampaikan di tubuh caption foto.

Ini yang mungkin jarang diperhatikan oleh Anda. Padahal, kuncian dari pakaiannya cocok atau nggak, ya, dari ukuran yang tertera di caption foto tersebut. Nah, untuk memudahkan Anda dalam membeli pakaian online, Okezone coba membagikan tips sederhana agar saat barang sampai di tangan tidak membuat Anda dongkol.

1. Ketahui ukuran tubuh Anda

Ini cukup mudah, kok. Jika Anda memiliki waktu luang dan memiliki pengukur baju yang berbentuk seperti tali, Anda bisa meminta teman atau orang terdekat Anda mengukur seluruh tubuh Anda. Mulai dari lebar bahu, lingkar dada, panjang tubuh bagian atas, maupun lingkar perut. Hal ini menjadi penting agar ukuran yang disajikan produsen bisa Anda cocokkan dengan ukuran tubuh Anda.

2. Searching!

Jika produsen “malas” menampilkan ukuran pakaian yang mereka jual, tapi Anda tetap ingin memiliki baju tersebut, sebaiknya Anda tetap melakukan pencarian informasi. Biasanya, produsen tetap akan memberikan patokan ukuran, seperti size S, M, L, atau XL. Atau pada beberapa brand mungkin mereka menggunakan jenis ukuran 12, 13, sampai 16 misalnya. Guys, Google menyediakan informasi mengenai penjabaran setiap ukuran tersebut, kok.

3. Jangan lupa tanya lingkar dada

Kasus seperti bagian dada kesempitan banyak terjadi. Khusus untuk pakaian perempuan, Anda yang ingin membelinya jangan pernah malu untuk menanyakan lingkar dada pakaian tersebut. Apalagi jika Anda perempuan dan ingin membeli kemeja laki-laki karena misalnya Anda sedang ingin tampil boyish. Tidak ada yang salah jika ingin menanyakan lingkar dada ke produsen. Mereka biasanya tetap akan melayani pertanyaan semacam ini.

4. Minta gambar asli

Ini biasanya lebih memudahkan Anda lagi. Sebab, ketika gambar pakaian tidak dikenakan dan gambar pakaian saat dikenakan, Anda bisa menerka seberapa panjang sih pakaian tersebut. Kemudian, jangan malu juga untuk tanya si model yang mengenakan ukuran tubuhnya seperti apa dan dia mengenakan baju ukuram apa. Kalau sudah begitu, Anda bisa sedikit tergambarkan dengan baju tersebut tentunya.

5. Jangan takut nanya!

Mungkin ada online shop yang benar-benar pelit informasi. Kalau sudah begini, Anda yang mesti bawel tanya segala hal. Ukurannya, warna, bahkan sampai ke bahannya seperti apa. Sebab, pada beberapa pakaian ada yang menggunakan bahan yang mungkin melar atau terlihat besar, kalau begitu sebaiknya Anda memilih ukuran seperti apa. Konsultasi dengan produsen pakaian yang Anda inginkan itu gratis, kok. Asalkan sis-nya mau melayani, ya, kenapa tidak memanfaatkan fasilitas tersebut. Demi perasaan bahagia saat menerima pakaian.

Selamat mencoba!

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini