nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Barang yang Dijual Diskon Besar-besaran, Stok Lama atau Baru?

Dewi Kania, Jurnalis · Minggu 17 Desember 2017 18:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 16 194 1831200 fakta-barang-yang-dijual-diskon-besar-besaran-stok-lama-atau-baru-P8TGUAPcNF.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

PESTA diskon akhir tahun telah tiba. Hampir semua gerai fashion di pusat perbelanjaan memasang label sale yang menggiurkan. Nah, sebenarnya, barang yang dijual hingga separuh harga tergolong barang baru atau barang lama ya?

Barang-barang yang dijual dengan label diskon tersebut pasti ada alasan tersendiri. Namun, biasanya tak semua orang peduli saat membeli barang tersebut, apakah produk baru atau lama.

Paling penting Anda pasti ingin punya barang branded yang dijual miring dari harga aslinya. Ada beberapa fakta yang harus Anda kenali seputar barang diskon.

Okezone mencoba mengungkapkan faktanya dari barang sale yang mungkin jadi pengetahuan baru bagi Anda. Simak ulasannya berikut yang ditulis lebih lanjut.

Kategori barang sale berbeda-beda

Di toko pasti terpajang angka diskon 10%,20%, 30%, 40%, 50% up to 70%. Semua ada alasannya, semakin besar diskonnya pasti orang tergoda. Perlu Anda tahu, semakin besar diskonnya berarti kategori barang tersebut sudah menjadi seri lama dari satu brand.

Kalau diskon 50%-70% barang tersebut merupakan season lama yang ditawarkan satu tahun lalu dengan stok terbatas. Lalu jika ada sale 20%-30% biasanya barang tersebut sudah tren 6 bulan belakangan. Tapi orang tak peduli dengan fashion yang ditawarkan, asalkan harganya murah langsung dibeli.

Harga tidak dinaikkan

Banyak orang percaya jika barang sale merupakan produk barang yang harganya dinaikkan lebih dulu untuk mengecoh pembeli. Sebenarnya tidak demikian, barang yang dijual dengan label diskon sale merupakan barang lama yang harus dihabiskan stoknya. Ini berlaku di Beberapa pertokoan besar, retail supermarket dan masih banyak lainnya.

Stok menipis

Toko atau retail brand yang menjual barang dengan diskon menggoda, misalnya pakaian bermaksud untuk penghabisan barang di season sebelumnya. Jangan khawatir, barangnya masih layak pakai dan masih cocok dipakai oleh konsumen. Namun, kalau Anda ingin seri limited edition dari satu brand yang diskon jangan harap mendapatkan barangnya. Karena di luar sana barang diskon sudah dipunyai orang sebelumnya di season lama.

Bukan barang reject

Jangan khawatir dengan barang sale takut karena reject atau ada yang lecet. Barang sale umumnya masih layak pakai dan warnanya tidak pudar. Sangat jarang sekali toko yang menjual barang reject. Meski demikian, Anda harus tetap mengecek barangnya lebih dulu sebelum dibeli. Meski sudah telanjur cocok tapi barangnya cacat, coba cari yang lainnya.

Buy 1 Get 1

Ada juga toko yang menjual barang Buy 1 Get 1. Artinya Anda membayar satu barang tapi dapat dua. Biasanya label ini ditemui di beberapa produk makanan. Yang harus Anda perhatikan, cek tanggal kedaluarsanya jangan sampai melewati batas. Kalau tidak percuma Anda membeli produk makanan tersebut karena harus dibuang.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini