nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tips Hemat Menjelang Natal dan Tahun Baru

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Sabtu 16 Desember 2017 10:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 16 194 1831291 tips-hemat-menjelang-natal-dan-tahun-baru-gtP2ieT4Js.jpg Belanja saat natal (Foto: Youtube)

Menjelang natal dan akhir tahun biasanya membuat pengeluran menjadi membengkak. Berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut natal maupun tahun baru. Untuk itu, persiapan matang harus dilakukan agar bisa membeli pakaian maupun makanan yang diinginkan. Nah, untuk menyiasatinya berikut Okezone rangkum dari berbagai sumber beberapa tips yang dapat Anda terapkan agar pengeluaran tidak terlalu banyak.

1. Manfaatkan Kartu Debit/Kredit

Beberapa bank biasanya akan memberikan potongan harga untuk transaksi yang dilakukan dengan kartu debit ataupun kredit. Agar pengeluaran tidak terlalu membengkak, tidak ada salahnnya jika Anda memanfaatkan promo tersebut meskipun Anda tidak pernah mempergunakan kartu tersebut sebelumnya. Potongan yang diberikan biasanya juga hanya 5% sampai 10%, namun itu sudah cukup untuk bisa mengurangi pengeluaran yang berlebih.

2. Pergunakan Kartu Loyalty

Jika penggunaan kartu kredit atau debit tidak bisa memberikan keuntungan untuk Anda, cobalah gunakan kartu keanggotaaan dari supermarket atau mini market saat berbelanja makanan. Jika Anda sudah memiliki poin yang banyak, jangan ragu untuk menukarkannya dengan produk yang Anda butuhkan. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu potongan harga dan bonus produk.

3. Belanja Online

Untuk lebih menghemat pengeluaran, ada baiknya jika kita membeli secara online dibanding membeli langsung di toko-toko atau department store. Hal ini dikarenakan, belanja di situs online menawarkan berbagai pilihan dengan harga yang murah. Selain itu, Anda juga bisa lebih berhemat dalam biaya transportasi karena ongkos kirim dari belanja online tidak terlalu mahal. Jika bisa, carilah situs online yang menawarkan gratis ongkos kirim!

4. Belanja di 12/12

Bagi Anda yang ingin belanja online, tunggulah sampai tanggal 12 Desember karena hal ini bertepatan dengan Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Momen 12/12 ini bisa Anda manfaatkan untuk menghemat pengeluaran di akhir tahun. Pada Harbolnas biasanya sejumlah situs belanja online akan memberikan diskon yang besar-besaran sehingga bisa menekan biaya pengeluaran Anda.

5. Batasi Belanja Makanan

Merayakan natal maupun tahun baru kurang rasanya jika tidak menikmati makanan spesial. Karena itu, tidak sedikit keluarga yang berbelanja daging dan sayur untuk berbarbeque bersama atau membuat camilan untuk menunggu pergantian tahun. Nah, untuk mengurangi jumlah pengeluaran yang banyak coba hindari membeli makanan terlalu banyak dan beli secukupnya saja.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini