nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gaya Belanja Cewek Lebih Ribet, Rupanya Akibat Pengaruh Desain Otak

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 16 Desember 2017 13:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 16 194 1831319 gaya-belanja-cewek-lebih-ribet-rupanya-akibat-pengaruh-desain-otak-T42eGZjJFM.jpg

SUDAH menjadi rahasia umum saat belanja wanita memang lebih ribet ketimbang pria. Itulah mengapa banyak pasangan yang memilih tidak jalan bersama ketika sedang berbelanja.

Alasannya jelas, pria tak akan betah berlama-lama berada di sisi wanita saat belanja. Sebab wanita saat belanja menghabiskan waktu lama, karena terlalu banyak pertimbangan dan pilihan. Sedang pria cenderung lebih simple.

Perilaku itu dibenarkan oleh Psikolog Klinis Dewasa, Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, Psikolog. Dia bahkan menjabarkan secara rinci perbedaan gaya belanja wanita dengan pria

"Saat belanja pria biasanya sudah tahu apa yang mau beli apa. Mereka sudah mencari info detail tentang produk yang akan dibeli dan dimana bisa mendapatkan barang tersebut," ungkap Arrudina kepada Okezone.

Misalnya saat hendak membeli barang A, ketika sudah didapat pria langsung membayar, kemudian pulang. Kaum Adam ini memang lebih fokus saat berbelanja. Mereka tau apa yang dibutuhkan.

Sementara gaya belanja wanita, jika dilihat dari perilaku, biasanya mereka belum spesifik menentukan barang apa yang dicari saat belanja. Bahkan kalaupun sudah spesifik mau beli lipstick yang sudah habis misalnya, mereka bakal tetap membeli itu, tetapi tak menutup kemungkinan akan membeli barang lain pula.

(Baca Juga: Jokowi Ungkap sang Istri Gemar Belanja via Online)

"Apalagi kalau ada penawaran barang lain yang sama oke-nya dengan harga lebih murah, wanita jadi tertarik untuk beli juga," cetusnya.

Nah, kenapa bisa begitu? Wanita yang akrab disapa Dina ini menjelaskan bahwa gaya belanja wanita dan pria berbeda karena sistem yang dirancang di otak kaum adam dan hawa memang berlainan.

(Baca Juga: Wanita Sering Keliru saat Memakai Uang, Kok Bisa?)

"Karena sebenarnya ada perbedaan antara otak pria dan wanita. Otak pria didesain untuk bisa melakukan satu hal dan fokus sama satu hal itu. Sedangkan wanita, otaknya didesain lebih fleksibel dan melakukan banyak hal sekaligus. Nah, perbedaan ini nih yang membuat wanita dan pria perilakunya berbeda dan terlihat juga dari gaya belanja," tutupnya.

(Baca Juga: Perempuan Cantik Ini Belanja Rp308 Juta per Bulan)

(ful)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini