nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belanja Obat Mujarab Melepas Penat, Benarkah?

Vessy Frizona, Jurnalis · Sabtu 16 Desember 2017 14:01 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 16 194 1831323 belanja-obat-mujarab-melepas-penat-benarkah-NpBH44zyrv.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

HIDUP di kota metropolitan yang penuh masalah dan tekanan membuat seseorang mudah sekali stres. Bagi orang-orang yang sudah bekerja, belanja menjadi cara singkat untuk melepaskan diri dari penat.

Pasalnya, dengan berbelanja, hati jadi senang, mata menjadi segar karena melihat barang-barang bagus, dan penampilan jadi lebih stylish pasca di-upgrade dengan barang-barang baru. Namun, benarkan belanja merupakan 'obat' mujarab untuk membebaskan diri dari stres?

Menurut Psikolog Klinis Dewasa, Arrundina Puspita Dewi, M.Psi, belanja bukan satu-satunya obat melepas stres yang paling ampuh. Tetapi tak ada salahnya cara ini dipilih bila bisa memberi kesenangan agar terbebas sejenak dari tenanan hidup, seperti pekerjaan.

"Setiap orang punya cara masing-masing untuk meredakan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Salah satunya bisa dengan belanja. It's okay kok, itu normal. Selama belanja tidak menimbulkan masalah baru," ungkap Arrudina saat berbincang dengan Okezone, belum lama ini.

Psikolog lulusan Universitas Padjajaran ini kemudian menjelaskan, masalah baru yang timbul bila seseorang ketergantungan dengan belanja karena menganggapnya sebagai obat pelepas penat?

"Kalau sudah ketergantungan dengan belanja dan menjadikan hanya itu cara menyenangkan diri, tentunya tidak baik. Ditakutkan akan tibul masalah baru, misalnya belanja melebihi dari budget yang kita punya, atau bahkan sampai menguras tabungan dan biaya hidup sehari-hari, maka tidak menutup kemungkinan kita bisa berutang di sana-sini atau bahkan sampai shoplifting," ujarnya.

(Baca Juga: 3 Dampak Psikologis Orang-Orang yang Ketagihan Shopping)

Kalau sudah begitu, perilaku belanjanya berarti sudah tidak sehat lagi dan berlebihan dilakukan. Jika ingin refreshing dengan berbelanja, lakukan seperlunya saja dan sesuai porsi. Kalau sudah kelewatan, cari cara lain yang tidak menimbulkan masalah baru atau bikin rugi.

(Baca Juga: Enam Ide Refreshing Sejenak untuk Para Ibu)

"Berkumpul dengan teman-teman, jalan-jalan dengan keluarga, nonton film, menjalani hobi, mencoba hal baru, membaca buku, atau sekadar mendekorasi ulang kamar dan memasak, itu bisa sedikit mengobati kepenatan. Di tengah tekanan yang sedang dihadapi, semestinya manusia bisa lebih kreatif dan bijaksana untuk memilih cara tepat untuk membuat hidup mereka lebih baik," terang psikolog yang kerapa disapa Dina ini.

(Baca Juga: Boros saat Belanja Bulanan di Supermarket? Simak Caranya Jadi Smart Shopper!)

(ful)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini