nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bunda, Ini Pentingnya Bicarakan Menstruasi pada Anak Perempuan Sejak Dini

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 16 Desember 2017 17:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 16 196 1831379 bunda-ini-pentingnya-bicarakan-menstruasi-pada-anak-perempuan-sejak-dini-AEzH9vtokE.jpg Ilustrasi (Foto: Babyology)

IBU adalah orang yang pertama kali dicari ketika seorang anak, termasuk anak perempuan, mengalami peristiwa. Meskipun ada anggapan bahwa anak perempuan lebih dekat dengan ayahnya, bukan berarti sosok ibu terlupakan begitu saja.

Sebab, ada beberapa hal yang membuat anak perempuan merasa lebih nyaman untuk berbicara kepada ibunya. Contohnya adalah tentang menstruasi.

Dalam sebuah survei yang dilakukan terhadap lebih dari 1000 perempuan yang terbagi dalam kategori remaja dan ibu, ditemukan fakta bahwa sebanyak 70,7% remaja masih mencari informasi terkait menstruasi kepada ibunya. Kemudian, sebanyak 64,7% remaja lebih nyaman membicarakan menstruasi kepada ibunya ketimbang teman.

Berdasarkan temuan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa peranan ibu pada saat anak perempuan beranjak remaja masih cukup besar. Menurut psikolog Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, ACC., memang perlu dibangun kedekatan antara ibu dengan anak karena dapat berpengaruh hingga anak dewasa.

“Kedekatan ibu dan anak bukan hanya sekadar jalan bersama ke mall atau nyalon bareng. Lebih dari itu. Cobalah bangun hubungan yang dekat dan adanya keterbukaan. Dalam sebuah riset dikatakan, seseorang akan merasa lebih bahagia, lebih puas, dan lebih positif melihat diri sendiri karena dekat dengan ibunya. Maka itulah mengapa hubungan antara anak dengan ibu penting,” tutur psikolog yang akrab dipanggil Lizzie ini saat ditemui dalam acara “Obrolan Awal Menstruasi Antara Ibu dan Anak #Menstrutalk” Sabtu, (16/12/2017) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

Ditambahkan Lizzie, apabila seorang anak perempuan merasa nyaman membicarakan mengenai menstruasi kepada ibunya, hal itu akan berlanjut jika ia sudah menikah.

“Saat anak menikah kebanyakan ibu pasti merasa sulit untuk menanyakan mengenai kehidupan rumah tangganya. Kalau ditanya, anak pasti mengatakan rumah tangganya baik-baik saja. Padahal bisa jadi ia memiliki masalah. Dengan terbiasa berbicara, nantinya anak bisa lebih mudah untuk bercerita,” ujarnya.

Baca Juga:

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk seorang ibu berbicara mengenai menstruasi pada anak perempuannya? Mengingat setiap anak perempuan pasti akan melewati fase tersebut ketika beranjak remaja.

“Mulailah bicara pada saat anak berusia 8 tahun. Kalau bicaranya di usia 10 atau 11 tahun itu sudah bisa dikatakan terlambat karena anak sebentar lagi akan mengalaminya. Berikan pengertian kepadanya sejak awal. Tentu tidak bisa langsung berikan informasi semuanya terus merasa lega. Cara membicarakan menstruasi harus pelan-pelan dan terus diulangi hingga dia mengalaminya,” pungkas Lizzie.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini