nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tempat Wisata Belanja Populer di Indonesia

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Minggu 17 Desember 2017 20:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 17 406 1831576 tempat-wisata-belanja-populer-di-indonesia-UWjzOmMQ8t.jpg Factory Outlet Bandung (Foto: Liburan Bandung)

Jika Anda seorang traveler, tak lengkap rasanya bila tak menyambangi wisata belanja dari kota yang Anda kunjungi. Menyisihkan beberapa lembar uang perlu Anda lakukan agar bisa membawa buah tangan untuk keluarga di rumah. 

Pusat oleh-oleh juga sudah banyak tersedia di sepanjang perjalanan, namun tak ada salahnya jika Anda mengunjungi tempat-tempat populer yang sudah banyak diketahui ini. Jika ingin mengetahui lebih banyak, berikut Okezone rangkum dari berbagai sumber beberapa tempat belanja populer dari berbagai kota di Indonesia.

Yogyakarta

Jika Anda mengunjungi Kota Gudeg, salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Malioboro. Ruas jalan yang telah menjadi ikon kota Yogyakarta ini merupakan tempat wisata belanja paling populer di Yogyakarta. Sepanjang jalan Malioboro ini berjejer deretan toko dan pusat perbelanjaan sampai pedagang eceran tempatnya berkumpul.

Di Malioboro Anda akan mudah mendapatkan barang-barang murah khas Yogyakarta seperti batik, kaos, aksesoris, blangkon, serta wisata kuliner khas Kota Gudeg tersebut. Jika menyusuri emperan toko, Anda bisa mencari oleh-oleh ataupun menikmati kuliner khas Jogja yang akan memanjakan lidah Anda.

Bandung

Siapa yang tak kenal dengan Jalan Dago? Bagi Anda yang berencana mengisi weekend di Bandung tak ada salahnya mampir ke salah satu kawasan terpopuler di Bandung ini. Dago merupakan salah satu lokasi yang banyak digunakan sebagai tempat nongkrong para muda mudi Bandung. Selain sebagai tempat kumpul anak muda, di jalan Dago juga terdapat beragam distro dengan harga yang relatif terjangkau dan cocok untuk semua kalangan.

Terdapat juga kawasan wisata belanja berupa outlet produk-produk branded yang bisa Anda sambangi. Tak kalah penting, bagi Anda yang ingin membawa oleh-oleh untuk sahabat atau keluarga bisa membeli di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Bandung di sekitaran Jalan Dago ini. Wah, lengkap ya!

Surabaya

Surabaya terkenal sebagai Kota Pahlawan karena pertempuran yang pernah terjadi pada tahun 1945 antara pejuang arek-arek Suroboyo melawan tentara Inggris. Namun, ternyata Surabaya juga terkenal banyak memiliki tempat belanja murah, salah satunya Pasar Atum Surabaya. Pasar ini terletak di kawasan pecinan Surabaya yang sudah lama terkenal sebagai tempat eceran maupun grosir serta kuliner enak. Pasar tersebut telah kokoh berdiri sejak tahun 1960 dengan luas lebih dari 6 hektar.

Meskipun terlihat semrawut dari luar, di dalam nya tertata cukup rapi dengan lorong-lorong yang mudah dilewati. Disini Anda bisa mendapatkan berbagai jenis baju, celana, perhiasan, bunga, jajanan pasar, kue, dan masih banyak lagi.

Bali

Jika sudah berbicara Bali yang akan diingat adalah tempat wisata populernya, yaitu Pasar Ubud Bali. Di pasar ini menjual produk-produk seperti tas anyaman, baju-baju bertuliskan Bali, patung, sampai lukisan. Pasar ini tergolong luas, sehingga Anda perlu masuk ke dalam untuk mendapatkan harga dan barang terbaik. Lokasinya pasar ini sangat strategis yaitu berada persis di depan Puri Agung Saren Ubud.

Solo

Batik adalah salah satu identitas kota Solo yang membuatnya tenar hingga ke seluruh penjuru dan pasar Klewer adalah urat nadi yang membuat Kota Solo terus berkembang. Pasar Klewer merupakan kebanggan kota Solo yang juga telah menjadi landmark yang harus Anda kunjungi ketika berada di Solo. Pasar ini menyediakan berbagai macam pakaian dan tekstil bermotif batik, mulai dari kain, kemeja pria, rok, hingga daster nyaman yang cocok dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk ibu Anda. Harga yang ditawarkan penjual sangat beragam, mulai dari belasan ribu, ratusan bahkan jutaan rupiah. Untuk batik tulis, tentunya memiliki harga yang mahal namun seperti pasar tradisional kebayakan, Anda juga bisa melakukan tawar menawar kepada penjual.

Medan

Pulang sehabis traveling tanpa membawa oleh-oleh pasti masih terasa kurang bukan? Jika mengunjungi Medan, Anda tak perlu khawatir karena tak jauh dari Stasiun Kereta Api Medan terdapat surganya souvenir yakni berada di Jalan Ahmad Yani. Dengan hanya berjalan kaki sekitar 5 menit, Anda sudah bisa melihat beberapa toko yang menjual kerajinan tangan dan aneka barang lain khas Medan. Souvernir yang paling banyak dicari adalah ukiran tangan dari daerah Danau Toba dan Bukit Lawang. Selain itu, Anda juga bisa menemukan toko yang menjual barang-barang antik untuk sekadar Anda koleksi. Tertarik beli?

(ren)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini