nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

8 Ramuan Ampuh yang Bisa Mencerahkan Warna Bibir Alami

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 20:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 18 194 1832168 8-ramuan-ampuh-yang-bisa-mencerahkan-warna-bibir-alami-ZE3tiScJUH.jpg Bibir (Foto: Shutterstock)

MEMILIKI kulit gelap di sekitar bibir dan dagu bisa membuat warna kulit wajah Anda terlihat tidak merata. Hal ini juga bisa menyebabkan kepercayaan diri Anda menurun.

Hal seperti ini sangat umum dialami oleh beberapa pria dan wanita. Biasanya, yang menjadi faktor utama kulit gelap itu disebabkan oleh penimbunan pigmen, kulit mati, zat kimia dari rokok ataupun lipstik serta kosmetik bibir lainnya.

Terlepas dari penyebabnya, masalah ini dapat membuat orang merasa sadar akan penampilan kulit sehingga bergantung pada makeup seperti memakai concealers. Namun, dengan memanfaatkan bahan alami di sekitar dapat membantu Anda dalam mencerahkan kulit gelap. Melansir dari Boldsky, berikut beberapa cara mencerahkan area kulit gelap dengan memakai bahan alami yang bisa Anda praktikkan di rumah.

Kentang

Kentang dikenal ampuh sebagai obat untuk menghilangkan kulit gelap di sekitar bibir dan dagu. Kentang sering dipuji sebagai agen pemutih alami yang banyak digunakan sebagai alternatif memutihkan wajah. Cara pemakaiannya adalah potong beberapa kentang mentah dan letakkan pada area yang gelap. Biarkan selama 15-20 menit lalu cuci dengan air hangat. Ulangi metode ini sampai mendapatkan hasil yang maksimal.

Jus Lemon

Jus lemon diperkaya dengan kandungan asam sitrat tinggi yang dapat menjadi obat lain untuk meringankan kulit gelap di sekitar bibir dan dagu. Celupkan kapas ke dalam larutan lemon yang telah disiapkan dan gosok ke seluruh area kulit yang gelap. Setelah 10-15 menit, bilas kulit Anda dengan air hangat. Gunakan metode ini 4-5 kali dalam seminggu untuk hasil terbaik.

Aloe Vera Gel

Gel lidah buaya dikenal mempunyai kandungan yang dapat mengatasi masalah kulit gelap. Cara pemakaiannya adalah dengan mengoleskan gel aloe vera ke seluruh area kulit yang gelap dan biarkan selama 1 jam sebelum dicuci dengan air hangat. Anda bisa menggunakan gel ini beberapa kali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang efektif.

Bubuk Cendana

Selain gel, bubuk cendana juga bisa menjadi alternatif obat alami untuk mengatasi kulit Anda yang gelap. Campur 1 sendok teh bubuk cendana dengan 2 sendok teh air mawar dan oleskan di area yang diinginkan. Setelah 20 menit, bilas dengan air suam-suam kuku. Ulangi 3-4 kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang cepat.

Madu

Madu mengandung antioksidan yang mampu membantu dalam memutihkan area kulit Anda yang gelap. Penggunaan yang teratur dapat menyingkirkan warna kulit tidak merata di sekitar area bibir dan dagu. Cukup oleskan madu di sekitar kulit yang gelap dan diamkan selama 15-20 menit. Cuci dengan air hangat dan untuk mendapatkan hasil maksimal cukup gunakan sekali dalam sehari.

Kunyit Bubuk

Obat tradisional ini mengandung antioksidan dan sangat efektif untuk meringankan kulit gelap di sekitar bibir dan dagu. Cara pengaplikasiannya adalah dengan campurkan sedikit bubuk kunyit dengan 1 sendok teh yogurt. Oleskan pasta yang telah dibuat ke seluruh area kulit yang gelap dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat lalu ulangi selama seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

 Oatmeal

Scrub eksfoliasi dapat Anda dapatkan dari oatmeal. Oatmeal mampu mengeluarkan kotoran di bawah permukaan kulit dan meringankan kulit gelap di area wajah. Cara membuatnya adalah ambil 1 sendok teh oatmeal dan campurkan dengan ½ sendok teh masing-masing air mawar dan minyak kelapa. Gosokan scrub secara perlahan di daerah yang gelap dan gunakan air hangat untuk membersihkan residu. Usahakan untuk menggunakan scrub tersebut minimal 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Minyak Zaitun

Salah satu yang menjadi favorit terkait masalah kulit adalah minyak zaitun. Minyak ini merupakan obat yang mengandung khasiat pemutih kulit. Oleskan sedikit minyak zaitun ke daerah yang diinginkan dan tunggu semalaman lalu bilas di pagi hari. Ulangi kegiatan ini setiap hari untuk menyingkirkan kulit gelap di sekitas bibir dan dagu Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini