Ini Tips Ampuh Mencicil Utang Sampai Lunas

Agregasi Cermati.com, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 10:35 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 196 1831972 ini-tips-ampuh-mencicil-utang-sampai-lunas-gYeXOLPCh1.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Hidup seseorang tidak pernah lepas dari yang namanya utang. Selama hidup, manusia pasti pernah terlilit utang, baik yang jumlahnya besar maupun kecil. Jumlah utang yang ada dapat semakin besar apabila seseorang tidak mampu mengelola keuangannya dengan baik. Akibatnya utang menumpuk dan kesulitan untuk membayarnya.

Siapapun tentu tidak mau hidupnya terlilit utang. Dikejar-kejar utang itu tidaklah enak. Tidur Anda pun seringkali terganggu karena bayang-bayang utang. Agar tidak terbawa mimpi, lunasi utang tersebut satu per satu. Apabila kesulitan untuk melunasinya, lakukan tips mencicil utang berikut ini agar utangmu cepat lunas.

1. Membuat Anggaran Pengeluaran Rutin

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat anggaran rutin. Anggaran ini berisi daftar kebutuhan yang dibutuhkan selama satu bulan. Setelah itu, buatlah berapa estimasi pengeluaran pada setiap jenis kebutuhan. Estimasi ini hanya berupa perkiraan yang jumlahnya tidak pasti. Agar estimasi anggaran pas, berkacalah dari pengeluaran yang terjadi di bulan sebelumnya. Ambil nota belanja yang masih Anda simpan, lalu lakukan penghitungan. Biasanya jumlah pengeluaran yang dikeluarkan di bulan ini hampir sama dengan pengeluaran bulan lalu. Kalaupun meleset, jumlahnya tidak akan berbeda jauh.

2. Memangkas Pengeluaran Sedikit Demi Sedikit

Dari daftar anggaran yang dibuat, Anda akan mengetahui berapa total pengeluaran yang terjadi selama satu bulan. Di sinilah Anda bisa mensiasati pengeluaran tersebut untuk membayar utang. Caranya dengan memangkas pos-pos pengeluaran yang dianggap tidak penting. Misalnya, biaya untuk pergi ke salon yang dulunya Rp400.000 bisa dipangkas menjadi Rp250.000. uang Rp150.000 yang dipangkas bisa Anda gunakan untuk mencicil utang.

Lakukan hal yang sama pada pos-pos pengeluaran lainnya. Apabila Anda mampu memangkas pengeluaran setidaknya Rp50.000 per pos, percayalah Anda mampu melunasi utang dengan cepat.

3. Buat Note untuk Menghindari Keterlambatan Pembayaran

Cicilan yang dibayar melewati tanggal jatuh tempo biasanya akan dikenakan denda keterlambatan. Jumlah denda yang akan dibayarkan juga semakin besar apabila jumlah cicilannya semakin besar. Denda ini akan menambah jumlah utang yang dimiliki. Oleh karena itu, usahakan untuk membayar cicilan tepat waktu. Buat alarm pengingat agar Anda selalu ingat tanggal pembayaran dari setiap utang.

Setelah cicilan berhasil dibayarkan, catatlah jumlah pengeluaran disertai dengan tanggalnya. Catatan ini dapat dijadikan sebagai bukti untuk mengetahui arus keluarnya uang Anda selama satu bulan.

4. Prioritaskan Pada Utang yang Lebih Besar

Utang harus segara dibayarkan jika ingin cepat lunas. Setiap bulan, sisihkan waktu dan pendapatan untuk langsung membayar utang ini. Prioritaskan pada utang yang jumlahnya lebih besar dengan tingkat bunga yang paling besar. Bunga cicilan yang tinggi membuat jumlah cicilan yang dibayarkan semakin besar. Oleh karena itu, fokuslah pada cicilan terbesar. Setelah itu, lunasi utang yang cicilannya lebih kecil.

Jika pendapatan tidak mampu membayar cicilan yang paling besar, lakukan sebaliknya. Lunasi utang yang jumlahnya lebih kecil. Melunasi utang yang kecil tidaklah seberat melunasi utang yang jumlahnya besar. Saat utang-utang kecil lunas, Anda dapat fokus pada utang yang besar. Intinya, prioritaskan utang yang menurut Anda bisa dibayarkan lebih dulu.

5. Gunakan Pembayaran Minimum untuk Melunasi Utang

Jumlah utang yang terlalu besar sulit untuk melunasinya. Apabila gaji bulanan tidak sanggup menutupi total utang, bayarlah utang dengan pembayaran minimum. Walaupun jumlah yang dibayar hanya 10% dari total utang, ini lebih baik dibandingkan sama sekali tidak mencicilnya.

Beritahukan kepada kreditur kalau Anda akan melakukan pembayaran minimum di bulan yang bersangkutan. Konfirmasi ini dapat dimaklumi, apalagi saat kreditur mengetahui kondisi finansial saat ini. Akan tetapi, jangan terlalu sering melakukan pembayaran minimum. Hal ini akan mengakibatkan utang Anda tidak lunas-lunas sampai beberapa tahun kemudian.

Tegas pada Diri Sendiri saat Melunasi Utang

Itulah tips melunasi utang dengan cepat yang bisa Anda coba. Sembari melakukan tips di atas, jangan lupa juga untuk mulai tegas pada diri sendiri. Hindari untuk membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan dan fokuslah untuk membayar semua utang. Sehingga utang segera lunas, hidup pun terasa tenang.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini