nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk, Berkenalan dengan Patung-Patung Ikon Jakarta

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 07:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 18 406 1831884 yuk-berkenalan-dengan-patung-patung-ikon-jakarta-nLn7VznujK.jpg

JIKA berjalan-jalan ke Jakarta, Anda pasti terpukau melihat gedung-gedung pencakar langit yang begitu rapi berjejeran. Bahkan, bisa jadi Anda penasaran dengan apa yang ada di dalam gedung tersebut. Tampaknya gedung-gedung menjulang itu cukup menarik perhatian masyarakat.

Namun, apakah Anda juga tertarik dengan bangunan lain yang turut menyebar rata di Ibu Kota? Ya, bangunan berupa patung di Jakarta tampaknya tidak terlalu diacuhkan oleh kebanyakan orang. Layaknya Anda penasaran dengan isi gedung, apakah Anda juga penasaran dengan keberadaan patung-patung beserta sejarahnya di Jakarta?

Berikut ini sejumlah patung di Jakarta yang mungkin sering Anda temui, tapi tidak Anda ketahui maknanya:

Patung Dirgantara

Sering disebut Patung Pancoran karena letaknya di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan. Tepatnya di Jalan Jend. Gatot Subroto RT. 1/RW. 1. Pembangunan Patung Dirgantara disebabkan atas permintaan Bung Karno dengan maksud untuk menyambut para pendatang yang mendarat di Bandara Udara Halim Perdanakusuma.

Bung Karno ingin menampilkan keperkasaan bangsa Indonesia di bidang penerbangan, sehingga desainnya pun dibuat dengan arti untuk mencapai keperkasaan bangsa yang mengandalkan sifat jujur, berani, dan bersemangat dalam menjelajahi angkasa.

Patung Selamat Datang

Patung ini berlokasi di Pusat Kota, tepatnya di tengah Bundaran Hotel Indonesia. Patung ini kerap disebut sebagai Tugu Selamat Datang sebab pembuatannya didasarkan dengan tujuan menyambut atlet dan tamu kehormatan Asian Games IV pada 1962, di mana kala itu Indonesia sebagai tuan rumah.

(Baca Juga: Nuansa Unik Kota Tua Bikin Liburan di Jakarta Lebih Asyik!)

Arsitektur patung ini dibuat dengan konsep sepasang manusia yang sedang melambaikan tangan sambil membawa bunga. Patung ini sengaja menghadap ke utara karena atlet dan tamu datang dari arah sana. Patung ini tampak cantik dengan efek air pancur yang mengelilinginya.

Patung Diponegoro

Dengan bentuk seorang Pangeran Diponegoro sambil menunggangi kuda, patung ini dibuat untuk mengenang perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan dari bangsa Belanda. Patung ini berada di sisi utara Taman Monas dan menghadap ke Istana Presiden.