Penempatan Dokter Internship Bantu Tingkatkan Kesehatan Masyarakat di Daerah Terpencil

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 18 Desember 2017 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 18 481 1832154 penempatan-dokter-internship-bantu-tingkatkan-kesehatan-masyarakat-di-daerah-terpencil-S3P1hd6bVd.jpg Ilustrasi (Foto: Stemgenex)

PEMERINTAH punya program dokter internship yang bisa membantu mensejahterakan masyarakat di daerah terpencil. Tidak hanya dokter umum, ada pula profesi dokter gigi yang masuk dalam program tersebut.

Setiap dokter muda atau yang baru lulus harus meningkatkan kemahirannya dalam melayani masyarakat. Mereka juga diutus harus mau ditempatkan di daerah guna untuk pemerataan pembangunan kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:

Program dokter internship, menurut Menteri Kesehatan RI Prof Dr dr Nila F Moeloek SpM(K) menjadi salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia. Bahkan sudah diatur dalam UU Praktik Kedokteran No 29 tahun 2004.

Bunyinya, dalam etika praktik kedokteran, mensyaratkan bahwa pasien tidak boleh dijadikan objek praktik mahasiswa. Karenanya, akan lebih baik melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh.

"Hak azasi pasien harus dihormati. Mahasiswa tidak lagi melayani pasien secara mandiri tanpa supervisi," ujar Menkes Nila saat ditemui di kantornya, kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (18/12/2017).

Mahasiswa sejak awal harus menerapkan syarat profesi dokter yang sudah diberlakukan. Sebelum mendapatkan kewenangan praktik, para dokter harus mengantungi surat tanda registrasi dari Konsil Kedokteran Indonesia.

Dokter internship, lanjut Menkes Nila, punya waktu dua tahun untuk melayani masyarakat. Pemerintah mempusatkan layanan tersebut di daerah perbatasan, wilayah terpencil dan pulau terluar di Indonesia.

"Sampai November 2017, ada sebanyak 10.756 dokter telah mengikuti program internship. Ditempatkannya di 34 provinsi dengan rasio 1:5," imbuh Menkes Nila.

Adapun manfaat pelaksanaan program internship yakni dijelaskan sebagai berikut.

- Bagi dokter internship bisa mendapatkan pengalaman praktik yang tak biasa. Diharapkan mereka semakin mahir dalam menyehatkan masyarakat di seluruh daerah.

- Bagi fasilitas kesehatan, adanya dokter internship menambah jumlah sumber daya manusia yang dibutuhkan. Penanganan pasien jadi lebih baik dan tertata.

- Bagi pemerintah daerah, profesi dokter internship dapat membantu meningkatkan pelayanan kesehatan di daerahnya masing-masing. Apalagi saat memberikan pelayanan di puskesmas harus bisa meningkatkan status kesehatan masyarakat.

BACA JUGA:

- Bagi masyarakat, adanya peningkatan tenaga medis yang dibantu oleh dokter internship ini semakin berkualitas mutunya. Adanya jaminan keselamatan pasien lebih tinggi jumlahnya, dibandingkan tidak ada bantuan dokter yang mahir di dibidangnya.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini