nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tinggalkan Gadget, 5 Jenis Mainan Ini Ajarkan Anak Jadi Arsitek!

Vessy Frizona, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 09:59 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 19 196 1832559 tinggalkan-gadget-5-jenis-mainan-ini-ajarkan-anak-jadi-arsitek-TgYHqCqFQe.jpg Ilustrasi (Foto: Popsugar)

BERMAIN itu penting bagi anak-anak, dan mainan diciptakan untuk menambah keterampilan si kecil dalam berbagai hal. Dengan adanya mainan, proses belajar anak-anak jadi semakin mudah, dan bakat mereka pun terasah.

Konsep mainan belakangan ini muncul dengan konten yang mengandung unsur edukatif, khususnya STEAM (science, technology, engineering, art, and math). Mulai dari belajar koding, membuat bangunan, robot, dan seni. Sepanjang 2017, ada banyak mainan berkonsep STEAM yang diproduksi, mainan-mainan itu telah memberi keterampilan berharga bagi anak-anak dari berbagai usia.

Melansir dari Popsugar, Selasa (19/12/2017), inilah beberapa jenis mainan yang dirancang memiliki konsep STEAM.

Little Bits Star Wars Droid Inventor Kit

Sudah saatnya membatasi penggunaan gagdet pada anak, dan coba belikan mereka Little Bits Star Wars Droid Inventor Ki. Mainan ini ditujukan untuk anak berusia 8-12 tahun. Konsep dan keterampilan yang didapat anak jika bermain adalah mengajarkan anak teknik membuat bangunan dengan teknologi.

Space Explorers Building Set

Mainan ini didesain untuk mengajarkan anak-anak pattern, seperti mengurut, menyeleksi, menganalisa, mecocokan, berhitung, kemudian mereka juga diminta membuat bangunanan dengan menempatkan item-item yang ada di dalam set maianan. Dari bangunan yang dibuat, skill seni anak juga diasah. Mainan ini cocok untuk anak berusia 4 tahun ke atas.

Learning Resources Count & Build TotBot

Untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas, Learning Resources Count & Build TotBot ini mengajarkan mereka hal-hal dasar. Mulai dari mengenal warna, berpikir kreatif, mengenal bentuk, berhitung, dan tentunya membuat bangunan.

M.A.X Robotic Interactive Toy With Artificial Intelligence

Di rentan usia 10 tahun ke atas, anak-anak sudah mulai serius dalam melihat mainan. Mereka akan berusaha memecahkan persoalan sesuai petunjuk mainan. Mainan robot-robotan ini akan membuat anak-anak berpikir bagaimana menggerakan robot dengan system teknologi yang ada di robot itu.

Dr. Beaker Science Speed Logic Board Game

Konsep mainan untuk anak-anak berusia 8 tahun ke atas ini adalah sains. Anak-anak akan bereksperimen dengan alat-alat yang ada dalam mainan untuk memnciptakan warna dari campuran cairan dan membuat tekstur. Dari mainan ini logika berpikir anak-anak juga akan terlatih.

1
6

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini