nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bunga Lambang Cinta, Kenali 5 Jenis Mawar Terindah di Dunia

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 05:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 19 196 1832783 bunga-lambang-cinta-kenali-5-jenis-mawar-terindah-di-dunia-0mSTbYiCFe.jpg Gallica Rose (Foto: Fabiovisentin)

ROSE atau mawar merupakan bunga paling populer sepanjang masa dan tak ada yang meragukan itu. Keindahan mawar diakui orang-orang di seluruh dunia karena bunga ini dianggap sebagai lambang cinta.

Bunga ini kerap diberikan untuk mengungkapkan perasaan kepada orang yang dicintai, permohonan maaf, atau ucapan terima kasih. Lambang cinta pada bunga mawar bukan saja mewakili hubungan dengan kekasih, tetapi juga persahabatan dan cinta kepada orangtua.

Bila yang selama ini dikenal adalah mawar perah dan putih, mawar rupanya memiliki berbagai jenis, aroma, dan warna yang berbeda-beda. Masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Saat ini, banyak orang menanam bunga-bunga indah ini di rumah dan kebun mereka. Kombinasi warnanya pun semakin beragam seperti warna-warna langka, hijau, biru, dan hitam misalnya. Melansir dari Wonderslist, Rabu (20/12/2017) inilah jenis-jenis mawar terindah yang ada di seluruh dunia.

Moss rose

(Foto: Wonderslist)

Ini adalah salah satu mawar terindah, dengan nama Mossrosor. Warnanya cerah-cerah, seperti merah jambu, kuning, dan ungu. Mawar jenis ini tumbuh di semak-semak dengan ukuran medium 100-180 cm. Bunga mawar ini pertama kali diperkenalkan di Normandia pada tahun 1746. Awal ditemukan di Inggris pada tahun 1724, era kepemimpinan Ratu Victoria.

Eglanteria

 (Foto: Wonderslist)

Rosa rubiginosa atau Eglanteria adalah spesies mawar asli Eropa dan Asia barat. Eglanteria adalah rose briar yang manis, memiliki 5 kelopak merah muda dengan dasar putih, dan banyak benang sari kuningnya. Bunga mawar terindah ini tumbuh 2-7 lembar dalam satu kelompoknya. Hibrida Rosa Eglanteria berdiameter 1,8-3 cm. Daun mawar ini sangat wangi, aromanya mirip apel. Bunga mawar pink cerah ini mekar setiap tahun pada akhir musim semi sampai pertengahan musim panas.

Floribunda

 (Foto: Wonderslist)

Floribunda rose adalah taman modern dari famili mawar juga. Mawar ini adalah hasil perkawinan silang antara teh hibrida dan polyantha rose (mawar hasil persilangan antara mawar Cina dan mawar Jepang). Floribunda berukuran lebih kecil. Floribunda ditemukan dalam berbagai warna seperti putih, merah muda, merah, dan kuning.

Baca Juga:

Gallic rose

 (Foto: Wonderslist)

Rose gallica, sering disebut sebagai mawar Prancis, atau mawar Provins, yang merupakan salah satu bunga mawar terindah. Ini juga salah satu varietas mawar tertua yang dibudidayakan. Mawar ini berasal dari kawasan selatan dan tengah Eropa ke arah timur Turki dan Kaukasus. Rosa gallica lembut dan wangi. Warna mawar ini terdiri dari putih (langka), pink muda, pink tua, merah, sampai ungu muda.

Foetida

 (Foto: Wonderslist)

Rose foetida, juga dikenal dengan nama Briar Austria atau yellow rose Persia. Nama itu diambil dari ciri khas aroma mawar yang baunya busuk dan menyengat. Mawar Foetida diperkenalkan di Persia, lalu diimpor ke Eropa pada tahun 1900.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini