4 Tips Mengolah Udang agar Rasanya Lebih Nendang, Pakai Baking Soda Salah Satunya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 19 298 1832909 4-tips-mengolah-udang-agar-rasanya-lebih-nendang-pakai-baking-soda-salah-satunya-qQpxOiL30W.jpg Tips mengolah udang (Foto:Food52)

 

DIBANDINGKAN daging ayam, sapi, atau kambing, makanan laut termasuk salah satu bahan makanan yang paling mudah untuk diolah. Namun, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar hasil masakan sesuai dengan ekspektasi.

Terlebih jika Anda hendak mengolah daging udang yang notabennya dijual dengan harga yang relatif mahal. Salah sedikit saja, tekstur dan cita rasanya pun akan jauh berbeda. Untuk menghindari hal tersebut, berikut Okezone rangkumkan 4 tips mengolah daging udang yang bisa Anda coba di rumah, Rabu (20/12/2017), seperti dilansir dari Food52.

BACA JUGA:

Gemas! Wombat Tertua di Australia Ini Rayakan HUT dengan Cake Spesial

Keringkan

 

Hal terpenting yang harus Anda perhatikan sebelum mengolah udang adalah mengeringkan makanan laut tersebut secara merata. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tekstur daging yang lembut dan juga tidak mudah hancur ketika diolah. Chef Dan Kluger mengungkapkan bahwa ia selalu mengeringkan udang menggunakan paper towel, lalu meletakkannya di suhu ruang selama kurang lebih 2 jam. Tips ini juga berlaku untuk bahan makanan lainnya, mulai dari daging ayam hingga sayuran segar seperti kembang kol.

Taburi garam

Menaburkan garam menjadi salah satu cara terbaik untuk menghasilkan olahan udang yang lezat dan menggugah selera. Proses ini sebaiknya dilakukan sebelum bahan makanan tersebut digoreng atau diolah sesuai dengan resep yang Anda gunakan. Untuk takarannya, Anda cukup menaburkan 1 sdt garam untuk setiap 1 pound daging udang.

Tambahkan baking soda

 

Selain garam, Anda juga bisa menambahkan baking soda untuk menyempurnakan tekstur dan cita rasa yang dihasilkan. Kandungan yang terdapat dalam baking soda dinilai ampuh untuk mempercepat proses memasak, dan daging udang pun akan terasa lebih empuk. Berbeda dengan garam, Anda hanya perlu menambahkan 1/4 sdt baking soda untuk 1 pound udang. Tips ini sangat dianjurkan, terlebih jika Anda menggunakan potongan bawang putih, parsley, dan lemon juice ketika mengolahnya.

 BACA JUGA:

Lagi Ingin Makan Pepes? Ini 5 Rekomendasi yang Enak di Jakarta

 

Gunakan tusuk sate

 

Jangan ragu untuk menggunakan tusuk sate ketika hendak menggoreng atau membakar daging udang. Cara ini dapat mempermudah Anda untuk membolak-balik daging udang, sehingga dagingnya dapat matang secara merata. Tusuk sate juga dapat digunakan untuk menyimpan daging udang di dalam lemari pendingin.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini