nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pecahkan Rekor, Pelayar Asal Perancis Keliling Dunia Hanya dalam 42 Hari 16 Jam

Agregasi Solopos, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 15:53 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 19 406 1832800 pecahkan-rekor-pelayar-asal-prancis-keliling-dunia-hanya-dalam-42-hari-16-jam-gLbaEQMPQg.jpg Francois Gabart (Instagram)

PARIS – Rekor berlayar tercepat mengelilingi dunia hampir resmi dipecahkan oleh pelayar asal Prancis, Francois Gabart. Pelayar asal Desa Brest, Brittany, Prancis itu berlayar mengelilingi dunia selama 42 hari, 16 jam, 40 menit dan 30 detik.

Francois memulai pelayaran keliling dunia pada Sabtu 4 November lalu. Dia melintasi garis finis di bagian barat batas perairan Inggris dan Prancis pada Minggu 17 Desember 2017 pukul 01.45 GMT. Dilansir dari BBC, dengan catatan yang ada, Francois bisa dibilang memecahkan rekor baru. Ia enam hari lebih cepat dari pemegang rekor tahun lalu, Thomas Coville.

Meski demikian, rekor Francois baru akan diverifikasi oleh World Sailing Speed Record Council. Juri akan memeriksa catatan GPS di kapal Francois sebelum mengonfirmasi waktu yang dicapai Francois dan memutuskannya sebagai rekor baru.

Francois berlayar mengelilingi dunia menggunakan kapal bernama Macif. Kapal tersebut memang khusus dibuat untuk berlayar mengelilingi dunia dengan kecepatan tinggi. Macif dibekali teknologi tercanggih yang ada saat ini.

BBC menyatakan waktu yang diraih Francois tak terlepas dari keberuntungan dan cuaca yang mendukung. Hal itu memberinya tambahan kecepatan berlayar.

Berdasarkan data AFP, selain memecahkan rekor dunia sebagai pelayar tercepat yang mampu mengelilingi dunia, selama perjalanan Francois juga memecahkan beberapa rekor lainnya. Dia menjadi pelayar dengan navigasi tercepat di Samudera Pasifik, dan jarak tempuh terjauh dalam kurun waktu 24 jam [1.575 km].

“Apa yang diraih Francois memang sudah seharusnya ia raih. Dilihat dari kapalnya saja, ia memiliki keunggulan dibanding kapal layar Thomas. Kalau harus diadu cepat, kapal Francois tetap akan menang. Tak hanya itu, Francois memang dikenal sebagai pelayar yang gemar dan tak takut kecepatan tinggi,” jelas pelayar senior Michel Desjoyeaux.

(ris)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini