Image

6 Penyebab Perut Masih Lapar Setelah Makan Siang

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017, 14:49 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 19 481 1832640 6-penyebab-perut-masih-lapar-setelah-makan-siang-y6B62YsRx4.jpg Ilustrasi (Foto: Asiaone)

PERNAHKAH Anda mengalami rasa lapar yang terus-menerus meski Anda merasa sudah makan siang atau bahkan sarapan? Rasanya tidak betah jika gigi tidak mengunyah.

Umumnya rasa lapar yang terus melanda banyak dialami oleh kaum wanita. Jika Anda juga mengalami hal serupa, mungkin beberapa alasan di bawah ini merupakan penyebabnya. Berikut adalah beberapa alasan umum mengapa perut selalu lapar dan cara mengatasinya, seperti yang telah dilansir dari Asiaone, (19/12/2017).

Anda hanya bosan

Seperti yang kita tahu, salah satu cara mengatasi bosan ialah dengan mengemil atau mengunyah sesuatu agar waktu yang terus berjalan tanpa sadar akan cepat berlalu. Umumnya hal ini disebut sebagai “peckish”, maksudnya Anda hanya mengalami kondisi lapar yang ringan. Anda hanya merasa lapar, padahal Anda tidak benar-benar lapar. Cara mengatasinya ialah dengan meminum air putih dan makanlah permen karet.

Anda memiliki metabolisme yang cepat

Keadaan yang terus-menerus lapar memang wajar dimiliki oleh orang yang memiliki metabolisme cepat. Singkatnya, itu berarti sistem pencernaan pada tubuh Anda lebih cepat dari rata-rata dalam membakar kalori yang dihasilkan dari makanan. Meskipun tidak ada yang perlu dikhawatirkan, sebaiknya Anda tetap memerhatikan asupan yang sehat dalam setiap kali makan.

Hormon Anda tidak seimbang

Hipertiroidisme adalah kondisi di mana kelenjar tiroid seseorang terlalu aktif dan menghasilkan hormon tiroid dalam jumlah berlebihan. Hormon ini mengendalikan dan meningkatkan fungsi metabolisme tubuh Anda, sehingga membuat energi Anda lebih cepat terpakai dari biasanya dan memnyebabkan Anda merasa terus-menerus lapar.

Gejala umum hipertiroid biasanya ditandai dengan denyut jantung yang cepat, kegugupan, kecemasan, keringat berlebihan, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan. Jika Anda mengalami hal ini, maka konsultasikan ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Anda sering mengonsumsi junk food

Donat dan pizza memang bikin menggoda. Namun, karbohidrat pada makanan olahan hanya akan meningkatkan gula darah Anda dengan cepat. Jika kadar gula darah tinggi maka tubuh tidak bisa menggunakan gula untuk membentuk energi. Akibatnya, tubuh akan terasa lemas dan menimbulkan rasa lapar.

Sebaiknya konsumsi makanan yang memiliki karbohidrat kompleks atau makanan berserat tinggi, seperti beras merah, roti gandum utuh, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Pastikan pula Anda mengonsumsi cukup protein dan lemak sehat, seperti telur dan alpukat.

Baca Juga:

Anda sedang stres

Saat Anda mengalami stres yang hebat, tingkat hormon stres kortisol dan adrenalin akan meningkat. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan nafsu makan Anda bertambah, sehingga Anda akan membutuhkan banyak makanan untuk menemani melalui masa-masa sulit. Cara mengatasinya ialah dengan menghilangkan rasa stres tersebut.

Anda selalu melihat makanan

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal “Obesity” mengungkapkan bahwa hanya melihat foto makanan sudah cukup untuk merangsang nafsu makan dan menciptakan rasa lapar. Sudah waktunya Anda yang mengalami hal seperti ini untuk berhenti mengikuti akun makanan di media sosial.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini