Cegah Penyakit Serius, Ini Cara Mudah Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Dewi Kania, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 20:16 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 19 481 1832908 cegah-penyakit-serius-ini-cara-mudah-jaga-kesehatan-gigi-dan-mulut-1JyUjXxBey.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TAK banyak orang bisa merawat gigi dengan baik dan tepat. Padahal risikonya jika Anda tak melakukannya bisa menimbulkan plak yang memicu bau mulut.

Penduduk Indonesia sayangnya masih mengabaikan kebiasaan merawat gigi dengan tepat. Sekalinya melakukan perawatan hanya sekedar menyikat gigi saja.

Padahal sikat gigi bukanlah cara efektif untuk membersihkan plak. Anda harus menambahkan mouthwash untuk berkumur.

Berdasarkan Riskesdas 2013, masyarakat Indonesia masih berhadapan dengan masalah gigi. Padahal mereka sudah terbiasa menyikat gigi 2 kali sehari.

"Sayang, mereka menyikat gigi di waktu yang salah, yakni tidak setelah makan dan sebelum tidur. Akibatnya punya lima gigi berlubang," ujar Spesialis Kesehatan Gigi Prof Dr drg Tri Errie Astoeti, MKes saat Press Launch Listerine Upgrade 21 Hari di kawasan SCBD Sudirman, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Dokter Gigi Erri menyebutkan, 7 dari 10 orang Indonesia punya gigi berlubang. Itu karena masyarakat Indonesia hampir tidak peduli dengan kesehatan giginya.

Tahukah Anda, jika mengabaikan atau tidak menjaga kesehatan gigi dalam jangka panjang dapat menyebabkan risiko penyakit kardiovaskular. Hal ini sudah dibuktikan oleh para peneliti internasional.

"Ternyata risiko yang bakal dihadapi orang yang tidak memelihara kesehatan gigi dan mulut bisa kena penyakit jantung dan stroke bagi yang berumur 25-45 tahun. Risikonya juga tiga kali lipat mengalami diabetes," ungkap drg Erri.

Karenanya, Anda wajib menjaga kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh. Pada kesempatan tersebut, drg Erri membagi tipsnya yang singkat dan berguna. Seperti apa?

Sikat gigi dua kali sehari

Setiap hari Anda disarankan untuk menggosok gigi dua kali sehari. Tapi perhatikan waktu yang tepat, yakni saat usai makan dan sebelum tidur malam. Tapi sikat gigi saja tidak cukup, Anda butuh melakukan hal lainnya.

Baca Juga:

Dental floss

Anda juga melakukan dental floss setiap seminggu sekali. Bendanya bisa dicari di supermarket. Cara ini efektif melawan pertumbuhan bakteri dan kuman yang memicu penyakit dalam rongga mulut.

Kumur dengan mouthwash

Penggunaan mouthwash non alkohol membantu menjaga kesehatan mulut lebih efektif. Usai gosok gigi atau usai makan Anda bisa berkumur dengan mouthwash supaya hasilnya bersih maksimal. Kalau tidak pakai mouthwash, dampaknya bisa menyebabkan plak yang memicu bau mulut.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini