Tak Hanya Menghilangkan Bau Mulut, Berkumur dengan Mouthwash Usai Gosok Gigi Bisa Mencegah Gigi Berlubang

Dewi Kania, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 05:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 19 481 1832916 tak-hanya-menghilangkan-bau-mulut-berkumur-dengan-mouthwash-usai-gosok-gigi-bisa-mencegah-gigi-berlubang-FTXhgvwcVW.jpg Mouthwash (Foto: Westermier)

MOUTHWASH kini telah menjadi kebutuhan seseorang untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Tapi penggunaannya harus diatur agar tidak menyebabkan kerusakan gigi.

Tapi pengguna mouthwash yang rutin hampir sedikit jumlahnya. Diperkirakan hanya sekira 15,4% orang yang menggunakan obat kumur itu.

Padahal berkumur dengan mouthwash sangat disarankan oleh para ahli. Karena obat ini dapat mencegah timbulnya plak yang memicu bau mulut.

Ada banyak manfaat yang didapatkan jika Anda rutin kumur dengan mouthwash. Salah satunya Anda bisa menjaga kesehatan gigi dari timbulnya plak berbahaya.

"Kumur-kumur pakai mouthwash dapat membuat gigi lebih bersih dan bebas plak. Setiap orang harus melakukan sikat gigi, lalu pakai mouthwash," ujar Kepala Departemen Luar Negeri dan Kerjasama Internasional PDGI Prof Dr drg Tri Errie Astoeti, MKes saat ditemui di Sudirman, Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Namun, penggunaan mouthwash tidak boleh digunakan setiap hari. Malahan dampaknya bisa merusak perkembangan bakteri baik yang ada di rongga mulut.

Pada kesempatan sama, Ketua Pengurus Persatuan Dokter Gigi Indonesia Dr drg RM Sri Hananto Seno SpBM, MM menjelaskan aturan pemakaian mouthwash yang tepat. Jangan sampai Anda berlebihan menggunakannya karena bisa mengganggu kesehatan mulut.

"Pakai mouthwash harusnya dua hari berhenti dulu, lalu pada hari berikutnya bisa ganti kumur dengan air garam. Kalau tidak, perkembanganbiakan bakteri baik jadi terganggu," imbuh drg Hananto.

Lebih lanjut, diterangkan drg Erri, pengguna obat kumur dengan rutin juga mencegah terjadinya gigi berlubang. Apalagi orang Indonesia rentan mengalaminya karena jarang merawat kesehatan gigi dan mulut.

Berdasarkan Riskesdas 2013, sekira 7 dari 10 orang pasti punya gigi berlubang. Karena itu, hal ini harus dicegah supaya dampaknya tidak merugikan.

"Makanya kebiasaan kumur pakai mouthwash harus jadi kebiasaan setiap hari. Kalau tidak, dampaknya bisa merusak kesehatan gigi dan mulut," beber drg Erri.

Adapun memilih mouthwash yang tepat yakni harus mengandung essential oil. Penggunaannya sangat aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Selain itu, memilih obat kumur yang benar yakni harus bebas alkohol. Kalau tidak, dampaknya bisa menyebabkan kerusakan gigi yang tak terduga.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini