nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Manfaat Bermain Trampolin untuk Kesehatan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 19 Desember 2017 21:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 19 481 1832922 ini-manfaat-bermain-trampolin-untuk-kesehatan-sLWUPqE489.jpg Trampolin (Foto: Annisa Aprilia/Okezone)

PERMAINAN trampolin di Indonesia kerap dikaitkan dengan permainan anak-anak semata. Namun, nyatanya manfaat dari bermain trampolin bisa lebih dari yang kita duga.

Di negara seperti Amerika Serikat, khususnya Las Vegas yang telah menggagas tempat bermain trampolin terlebih dahulu, masyarakatnya pun sudah akrab dengan permainan lompat melompat ini. Bahkan, lebih dari itu, trampolin juga telah dijadikan salah satu pengobatan alternatif seperti terapi bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan saraf.

Masyarakat bisa bermain dan merasakan manfaat luar biasa dari bermain trampolin yang tidak hanya sekadar melompat saja. Mengutip dari siaran pers yang diterima Okezone, Selasa (19/12/2017), dari Bounce Street, manfaat luar biasa dari bermain trampolin, di antaranya seperti meningkatkan sensor motorik pada anak, karena anak akan bergerak secara dinamis seluruh badannya, melompat, dan kemampuannya pun dilatih.

Selain itu, manfaat lainnya dari bermain trampolin adalah memperlancar sistem sirkulasi pada pembuluh darah dan jaringan limfatik, sehingga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Saat bermain trampolin anak-anak juga akan mendapatkan manfaat tulang dan otot lebih kuat.

Tidak hanya fisik dan saraf, otak pun akan semakin terstimulasi ketika seorang manusia rutin bermain trampolin dan keseimbangan juga akan terlatih. Lebih lanjut, manfaat lainnya yang berhubungan dengan hormon juga akan Anda dan anak-anak dapatkan ketika bermain trampolin, sebab kadar endorfin akan meningkat ketika bermain trampolin.

"Manfaat main trampolin salah satunya bisa membakar lemak lebih banyak. Bahkan, bermain trampolin 60 persen lebih efektif dibandingkan dengan berlari, 45 menit main trampolin sama dengan 2 jam berlari. Meski capai tapi unsur fun dan seru yg bisa dirasa," ujar Neeraj Khiani CEO Bounce Street dalam media gathering di Kawasan Sentra Bisnis Artha Gading di Jakarta, Selasa (19/12/2017).

Baca Juga:

Arena bermain yang berwarna-warni juga bisa memengaruhi otak, sehingga Anda dan anak-anak akan merasa rileks, lebih bahagia, dan terhindar dari stres. Bahkan, tidak cukup sampai di situ, setiap permainan yang tersedia pun bisa memberikan dampak pembelajaran pada anak.

Bagaimana tidak, ketika bermain trampolin, sendiri atau berkelompok, Anda dan anak-anak bisa mendapat pembelajaran seperti nilai kepemimpinan, kerjasama tim, keseimbanhan, fokus dalam mencapai target, strategi dalam mencapai hasil yang diinginkan, dan kemampuan beradaptasi dengan perubahan. Sementara itu, energi yang dikeluarkan ketika bergerak dan melompat juga bisa membakar kalori lebih efektif dibandingkan dengan berlari.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini