4 Hal Harus Dilakukan Orangtua agar Buah Hati Tidur Nyenyak

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 11:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 20 196 1833240 4-hal-harus-dilakukan-orangtua-agar-buah-hati-tidur-nyenyak-ZQ5vFbKYYh.jpg Tidur anak agar lebih nyenyak (Foto:Asione)

 

SEMUA orang pasti membutuhkan tidur yang nyenyak agar tampil maksimal setiap hari. Terutama bagi anak-anak yang berangkat sekolah secara rutin. Tentu mereka membutuhkan tidur yang cukup di masa kembangnya.

Tidur merupakan aktivitas penting bagi anak. Sebab saat tidur, tubuh anak menghasilkan hormon pertumbuhan. Umumnya, tidur yang nyenyak dapat membantu anak tumbuh besar dan kuat. Selain itu, tidur juga membantu anak dalam mempertahankan berat badan yang ideal. Studi menunjukkan bahwa anak-anak yang kurang tidur, tidak menghasilkan cukup banyak hormon yang memberitahu otak untuk berhenti makan. Itu berarti akan ada risiko obesitas bagi anak yang kekurangan tidur.

Tidur juga membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat. Tubuh anak akan menghasilkan protein pengikat kuman selama tidur, yang dapat membantu menangkal penyakit dan infeksi umum. Studi lain pada tahun 2013, juga mengatakan bahwa tidur satu jam yang ekstra dapat memberi dampak positif pada kemampuan anak dalam menyelesaikan tugas, menjawab pertanyaan, dan fungsi berbasis memori secara emosional.

BACA JUGA:

Generasi Milenial Suka Pindah-Pindah Kerja? Ini Lho Alasannya

Durasi tidur yang ideal bagi anak pun berbeda-beda sesuai usianya. Bayi berusia 4-12 bulan sebaiknya tidur 12-16 jam sehari (termasuk tidur siang) secara teratur, anak usia 1-2 tahun harus tidur 11-14 jam sehari (termasuk tidur siang) secara teratur, anak usia 3-5 tahun harus tidur 10-13 jam sehari (termasuk tidur siang), anak usia 6-12 tahun harus tidur 9-12 jam sehari secara teratur, dan anak usia 13-18 tahun, sebaiknya tidur 8-10 jam sehari secara teratur.

Lalu, bagaimana caranya mendapat tidur yang nyenyak bagi anak-anak? Seperti dilansir dari Asiaone (20/12/2017), berikut di bawah ini merupakan beberapa tips dalam membantu anak mendapatkan tidur yang nyenyak.

Memberi makanan yang tepat di waktu yang tepat untuk anak

Telat Makan malam dapat membingungkan jam tidur bagi anak. Hal itu juga yang dapat menyebabkan obesitas. Sebaiknya makan malam di jam yang teratur sehingga dapat membangun kebiasaan makan yang sehat seumur hidup bagi anak. Hindari juga mengonsumsi makanan yang manis atau berlemak, seperti cokelat atau keju karena membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Selain itu, hindari pula teh hijau atau teh hitam sebab keduanya mengandung kafein yanf dapat mengubah pola tidur. Sementara nasi putih, oatmeal, kacang-kacangan, buah-buahan merupakan pilihan yang baik.

Matikan teknologi dengan baik sebelum tidur

Beberapa penelitian telah menghubungkan penggunaan teknologi sebelum tidur dengan tingkat kewaspadaan dan sulit tertidur. Salah satu penelitian tersebut menemukan bahwa remaja yang sering menggunakan teknologi di malam hari akan menunda waktu tidurnya. Hal ini dapat menimbulkan dampak kesehatan yang negatif, sebab studi juga menjelaskan bahwa kekurangan tidur dapat menurunkan produktivitas, kekurangan energi, dan lain-lain.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencoba membatasi penggunaan teknologi secara langsung sebelum tidur. Dengan cara mendorongnya untuk melakukan kegiatan lain, seperti membaca, menggambar, dan lain-lain.

BACA JUGA:

Tips agar Generasi Milenial Sukses Capai Cita-Cita di Era Digital

Tetapkan waktu tidur

Menetapkan waktu tidur sebagai rutninitas setiap hari adalah cara mudah untuk masuk mode teratur. Dengan mengatur rutinitas, Anda sudah membuat kebiasaan tidur yang sehat kepada anak. Tidur di waktu yang sama dengan durasi yang cukup setiap hari, akan memudahkan anak dalam menyambut aktivitas sekolahnya.

Cahaya ruangan yang benar

Pada saat anak ingin tidur, pastikan ruangan di tempat tidur mereka gelap, sebab paparan cahaya yang redup atau gelap dapat meningkatkan kualitas tidur anak. Begitu juga sebaliknya saat bangun tidur, pastikan ruangan anak menjadi terang oleh paparan sinar matahari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini