Share

Sering Ngantuk Usai Makan Siang? Kontrol dengan 6 Cara Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 20 298 1833539 sering-ngantuk-usai-makan-siang-kontrol-dengan-6-cara-ini-0jxynudzQG.jpg Ngantuk setelah makan siang (Foto:Works)

SIAPA sih yang tidak merasa sebal jika langsung merasa mengantuk setelah tidak lama menyantap makan siang di kantor? Padahal pekerjaan yang menanti untuk dibereskan masih bertumpuk.

Rasa kantuk yang datang setelah acara makan siang, pastinya akan memperlambat produktivitas dalam bekerja bukan, kita semua sebal jika harus mengalami kondisi ini bukan? Well, namun inilah yang terjadi jika makan siang yang dikonsumsi terlalu berat. Namun di satu sisi, dalam beraktivitas seharian kita tidak bisa melewatkan acara makan siang begitu saja demi agar tidak mengantuk bukan?

Kemudian langkah apa yang bisa ditempuh untuk mengontrol rasa kantuk setelah makan siang ini? Simak uraian tipsnya di bawah ini, seperti dilansir Ndtv, Kamis (21/12/2017).

BACA JUGA:

Gurih Sedap Soto Mbok Dele di Klaten, Dilahap Pelukis Affandi hingga SO7

1. Bergerak :

Ada baiknya ketika selesai makan siang, jangan langsung kembali duduk diam di meja kerja. Buatlah tubuh menjadi aktif, dengan banyak bergerak. Bisa dengan cara simpel misalnya, alih-alih menaiki lift mengapa tidak coba untuk naik tangga dengan kaki, atau berjalan-jalan sesaat di sekitar kubikel atau tempat lingkungan kerja. Olahraga singkat ini disebutkan akan bisa membantu untuk meningkatkan level oksigen dalam dalam, sehingga dapat meningkatkan level energi di tubuh.

2. Kunyah permen karet :

Rasanya tips satu ini adalah cara klasik yang banyak orang lakukan jika ingin mengusir kantuk. Menurut hasil studi yang dipublikasikan dalam jurnal berjudul Physiology and Behaviour, mengunyah permen karet dapat bekerja untuk meningkatkan rasa aware alias waspada (alertness). Mengunyah permen karet memungkinkan untuk membantu tubuh secara konstan merasa aktif terdorong daripada mengunyah jenis makanan lainnya. Kunyalah permen karet selama kurang lebih minimal 5 menit, agar merasa berstamina dan semangat kembali. Ingat! Jangan berlebihan dalam mengunyah permen karet ya demi mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

3. Minum banyak air mineral :

Dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, mood menjadi turun, dan sulit untuk berkonsentrasi. Pastikan asupan air mineral ke dalam tubuh dalam sehari itu tercukupi, hidrasi tubuh dengan air mineral yang akan membantu tubuh tidak merasa lemas dan mengantuk setelah makan siang.

4. No junk food :

Kadang karena kepadatan aktivitas, seringkali makanan junk food yang cepat tersaji dan mudah didapatkan di mana-mana jadi pilihan andalan untuk menu makan siang. Setelah itu, timbullah rasa kantuk yang menggangu aktivitas selanjutnya. Maka dari itu, hindarilah makanan seperti junk food. Butiran-butiran halus dalam junk food atau processed food diketahui dicerna tubuh secara cepat hingga akhirnya menghasilkan lonjakan gula darah dan inilah yang membuat level tingkat energi menjadi rendah. Pilihah makan siang yang terdiri dari banyak kandungan zat besi seperti sayur-sayuran hijau, protein dari daging sapi, telur, atau daging ikan, dan karbohidrat komplek seperti biji-bijian dan kacang polong.

5. Hindari konsumsi banyak lemak dan gula :

Cobalah untuk tidak banyak mengonsumsi lemak dan gula (biasanya banyak terkandung dalam makanan jenis processed foods, demi menghindari terjadinya energy crash. Gula mungkin dapat mendorong energi di awal, namun akan cepat habis sehingga membuat tubuh jadi mudah lelah. So, walaupun Anda adalah orang yang hobi makan manis alias sweet tooth, pastikan Anda mengonsumsi buah-bahan setelah menyantap menu utama makan siang.

 BACA JUGA:

Liburan Natal, Brooklyn dan Harper Beckham Pilih Masak Bareng di Rumah

6. Kontrol porsi :

Apapun yang dilakukan berlebihan memang tidak baik adanya, begitu juga dengan makan siang. Makan siang dengan porsi yang terlalu banyak, terlalu besar akan membuat tubuh gampang lesu dan memperlambat proses pencernaan. Belum lagi perasaan jadi tidak nyaman karena merasa kembung, agar tidak mengantuk kontrolah porsi makan siang, makanlah di sela-sela waktu dengan porsi yang kecil, sehingga tidak cepat merasa lesu, mengantuk, dan level kadar gula darah juga bisa teratur.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini