Sederet Manfaat Daun Peppermint, Lancarkan Pencernaan hingga Cegah Kanker

Ajeng Dwiri Banyu, Jurnalis · Rabu 20 Desember 2017 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 20 481 1833301 sederet-manfaat-daun-peppermint-lancarkan-pencernaan-hingga-cegah-kanker-cRDS31ApYh.jpg Manfaat daun mint untuk kesehatan (Foto:Ist)

DAUN peppermint atau yang populer disebut pudina adalah salah satu ramuan terbaik yang telah digunakan sejak zaman kuno. Daun ini juga sering digunakan untuk berbagai keperluan kuliner. Selain itu, kandungan pembunuh kuman yang terdapat pada daun peppermint bisa juga dipakai sebagai bahan untuk pembuatan pasta gigi serta permen karet.

Daun peppermint banyak ditanam di benua Asia, Eropa, dan juga Timur Tengah. Tekstur daun yang kering inilah yang menjadi bahan untuk minyak essential, seperti obat nyamuk. Namun, dari berbagai manfaat diatas, daun ini diketahui memiliki banyak manfaat dalam hal kesehatan. Melansir dari Boldsky, Rabu (20/12/17) berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan dari daun peppermnt.

Meningkatkan Imunitas

Kandungan vitamin c dalam daun peppermint dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mengonsumsi daun ini dengan mencampurkannya ke dalam makanan dan konsumsilah secara teratur untuk mendapatkan hasil maksimal.

Melancarkan Pencernaan

Jika Anda menderita gangguan pencernaan, daun peppermint adalah salah satu obat ramuan yang dapat membantu mengatasinya. Daun ini berfungsi untuk membantu mengaktifkan kelenjar ludah serta enzim yang dapat merangsang pencernaan sehingga pencernaan menjadi membaik. Cukup ambil beberpa daun peppermint segar lalu tambahkan ke segalas air dan diamkan selama 5 menit. Minumlah secara teratur agar gejala mereda.

Membantu Memerangi Sakit Kepala

Peppermit dikenal dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Untuk penggunaanya, ambil beberapa tetes minyak mint dan oleskan pada kening. Aroma menyegarkan dari minyak tersebut dapat membantu dalam melawan sakit kepala dan mual secara efektif.

BACA JUGA:

Tips agar Generasi Milenial Sukses Capai Cita-Cita di Era Digital

Mencegah Penyakit Pernapasan

Jika Anda mengalami kesulitan bernapas, cobalah obati dengan daun peppermint. Daun ini mengandung asam rosmarinat atau khasiat antioksidannya yang dapat membantu menetralisir radikal bebas dan menghambat zat kimia penyebab peradangan. Menambahkan daun peppermint ke dalam makanan bisa menjadi solusi untuk membantu masalah tersebut.

Menurunkan Berat Badan

Pepermint juga terkenal sebagai ramuan yang rendah kalori dan kaya kandungan serat. Daun ini dapat membantu dalam merangsang enzim pada pencernaan untuk menyerap nutrisi makanan, membakar lemak, dan mengubahnya menjadi energi yang dapat digunakan. Jika ingin mendapatkan hasil maksimal dalam program diet Anda, jangan lupa tambahkan ramuan ini!

Baik untuk Kesehatan Mata

Selain antioksidan, daun peppermint juga kaya akan kandungan beta karoten yang dapat menjaga kesehatan mata. Tambahkan beberapa daun peppermint ke dalam sup, salad, ataupun jus untuk mendapatkan hasil maksimal.

Mengurangi Kelelahan

Jika Anda merasa mudah lelah, mengoleskan beberapa tetes minyak peppermint di dahi dapat membantu memberikan efek menenangkan pada saraf. Agar lebih efektif, oleskan juga pada saat sebelum tidur agar rasa lelah dapat berkurang.

BACA JUGA:

Generasi Milenial Suka Pindah-Pindah Kerja? Ini Lho Alasannya

Menyembuhkan Nyeri Otot

Nyeri otot kadang sangat menganggu dalam melakukan pekerjaan Anda. Untuk itu, oleskanlah minyak peppermint ke area yang sakit sehingga dapat memberikan kelegaan. Peppermint dikenal karena sifat antispasmodiknya yang berguna untuk membantu melonggarkan otot.

Mencegah Kanker

Kandungan vitamin C dan antioksidan yang terdapat pada daun peppermint dapat membantu Anda dalam memerangi radikal bebas penyebab utama kanker. Cobalah konsumsi daun ini secara teratur dengan menambahkan pada makanan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini