nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Makan Durian Plus Minuman Bersoda Bisa Menyebabkan Kematian, Benarkah?

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 14:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 21 298 1833970 makan-durian-plus-minuman-bersoda-bisa-menyebabkan-kematian-benarkah-zTpoiIHmRN.jpg

MESKI memiliki bau yang sangat menyengat, durian menjadi salah satu jenis buah yang sangat digemari masyarakat Indonesia. Buah bertekstur lembut ini bahkan mendapat predikat King of Fruit karena rasa manisnya yang sangat khas.

Selain rasanya yang lezat, durian juga memiliki beragam varietas dengan ciri khas masing-masing. Contohnya durian monthong asal Thailand yang dikenal memiliki tekstur daging tebal, hingga durian merah khas Banyuwangi yang belakangan ini berhasil menarik perhatian para konsumen, karena warna daging buahnya yang sangat unik.

Dibalik kelezatannya itu, ternyata ada beberapa mitos seputar durian yang telah berkembang di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Banyak yang mengatakan, memakan durian sambil mengonsumsi minuman bersoda bisa mengakibatkan kematian.

Menurut Prof. Nuri Andarwulan, Direktur SEAFAST, sebetulnya belum ada penelitian ilmiah yang berhasil membuktikan anggapan tersebut. Namun ia menjelaskan, durian dapat menimbulkan rasa pusing hingga mual karena buah tersebut mengandung alkohol.

"Durian itu sudah mengandung alkohol tinggi. Secara alami buah-buah yang sudah matang itu mengandung alkohol. Contohnya kelengkeng. Kalau dia sudah matang dan kita makannya terlalu banyak, terkadang menimbulkan rasa pusing, itu karena mabuk alkohol," tutur Nuri Andarwulan kepada Okezone di Jakarta Pusat, Rabu 20 Desember 2017.

Kandungan alkohol ini diproduksi ketika buah menuju matang atau proses pembusukan sudah mulai terjadi. Kendati demikian, Nuri menegaskan bahwa mengonsumsi durian dan minuman bersoda sebetulnya tidak akan mengakibatkan kematian, asalkan masih dalam batas kewajaran.

"Kalau makan durian hanya 1 butir, terus minum minuman bersoda, tidak masalah. Tapi kalau makan duriannya 1 buah, kemudian minum tuak, itu memang kombinasi yang buruk. Kalau makannya wajar, jumlahnya juga wajar, saya rasa tidak akan menimbulkan efek samping yang berbahaya," imbuhnya.

(Baca Juga: Durian Ternyata Bagus untuk Kejantanan Pria)

Lebih lanjut Nuri menjelaskan, tubuh manusia itu sudah dilengkapi enzim yang berfungsi mencerna semua jenis makanan. Namun, memang dibutuhkan sedikit waktu agar seluruh nutrisi yang terkandung pada makanan dapat dicerna dengan baik.

"Enzim dalam tubuh kita itu istimewa, bisa mencerna semua. Ada yang berfungsi memecah lemak, protein, karbohidrat, hingga membunuh bakteri-bakteri penyakit yang ikut masuk ke dalam tubuh melalui makanan," tukasnya.

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini