nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ngemil Sehat? Ini 6 Jenis Kacang Lezat yang Tak Bikin Gemuk

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 15:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 21 481 1833850 ngemil-sehat-ini-6-jenis-kacang-lezat-yang-tak-bikin-gemuk-k8BB26AGtT.jpg Kacang almond (Foto: Boldsky)

KACANG-kacangan harus disertakan dalam makanan sehari-hari. Karena mengandung banyak nutrisi yang meningkatkan kesehatan.

Makanan ini merupakan sumber lemak sehat, serat dan protein yang baik. Serta mengandung sejumlah vitamin dan mineral, termasuk magnesium dan vitamin E.

Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa orang yang makan setidaknya 20 gram kacang per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner hampir 30%, kematian dini sebesar 22%, dan kanker sebesar 15%.

Kacang juga memiliki kekuatan untuk mengurangi risiko obesitas dari waktu ke waktu. Karena makanan ini padat energi, tapi tidak menyebabkan timbunan lemak di perut.

Makan kacang juga bisa mengurangi risiko sindrom metabolik, seperti tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Selain itu dapat mengurangi risiko penyakit kronis lainnya, termasuk jenis kanker tertentu.

Ada lima pilihan jenis kacang yang bisa dikonsumsi setiap hari untuk menjaga kesehatan. Berikut ulasannya, dilansir Boldsky, Kamis (21/12/2017).

Almond

Kacang almond mengandung nutrisi vitamin E, magnesium, serat, karbohidrat, protein, dan mangan. Vitamin E, magnesium dan potasium dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (buruk). Dopamin, senyawa lain yang ditemukan dalam kacang almond untuk mempertajam ingatan.

Pistachio

Karena mengandung sumber potasium, vitamin B6, tembaga, dan mangan yang sangat baik, pistachio menurunkan kadar gula darah. Ada efek menguntungkan untuk menurunkan risiko obesitas, radang dan kontrol glikemik. Kacang pistachio non kolesterol, sehingga bagus untuk menurunkan berat badan.

Kenari

Kacang kenari kaya akan lemak omega-3 dan rendah serat dan mengandung antioksidan tinggi untuk mencegah kanker. Makan kacang ini juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan penyakit jantung koroner.

Kacang mete

Kacang mete rasanya enak dimakan sebagai camilan atau dibuat olahan masakan. Kacang ini mengandung asam anakardar, yang meningkatkan sensitivitas insulin dan membantu mencegah peradangan kronis. Kacang mete juga kaya akan mineral seperti seng, selenium, dan tembaga.

Baca Juga:

Hazelnut

Hazelnut tidak hanya bergizi,nnamun juga bermanfaat dalam mengurangi risiko penyakit jantung. Banyak nutrisi penting seperti vitamin E, mangan, tiamin, folat, dan asam lemak, yang memperbaiki fungsi otak dan kognitif

Kacang tanah

Kacang tanah dikenal mengandung mangan yang membantu menjaga kadar gula darah. Selain itu, ngemil kacang tanah bisa meningkatkan daya ingat.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini