Rajin Makan Salad Bikin Otak Awet Muda dan Tak Cepat Pikun

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 21 481 1833879 rajin-makan-salad-bikin-otak-awet-muda-dan-tak-cepat-pikun-qUvdgS0B2h.jpg Makan salad buat otak jadi lebih sehat (Foto: Dailymail)

ANDA yang sudah memiliki kebiasaan doyan makan buah dan sayur, please ajak teman atau pasangan Anda memiliki kebiasaan yang baik ini juga. Kenapa? Peneliti ungkap bahwa rutin mengonsumsi makanan hijau dan salad itu baik untuk fungsi otak.

Bagi mereka yang tidak suka sayur dan buah, untuk sekadar mencicipi saja mungkin sangat sulit. Apalagi menjadikannya sebagai kebiasaan. Tapi, mungkin artikel ini bisa menjadi bahan atau referensi Anda dalam memberikan alasan kenapa semua manusia itu wajib makan sayur dan buah!

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (21/12/2017), penelitian terbaru menjelaskan bahwa mengonsumsi sekitar satu porsi sayuran hijau atau salad per hari terkait erat dengan tingkat penuaan otak yang lebih lambat. Jadi, bisa dijelaskan bahwa semakin Anda sering makan sayuran hijau dan salad, otak Anda bakal lebih awet muda dan itu baik untuk kelangsungan hidup Anda.

Bahkan, penelitian ini menjelaskan bahwa, pengendalian penuaan otak itu bisa sampai 11 tahun lebih muda. Apakah Anda pernah mendengar istilah, umur boleh tua, tapi otak tetap harus muda! Nah, dengan mengonsumsi sayuran hijau dan salad, pernyataan ini bisa didapatkan!

Lebih lanjut lagi, studi di Universitas Rush menemukan fakta bahwa orang yang makan setidaknya satu porsi sayuran hijau dan salad memiliki tingkat penurunan otak yang kecil, khususnya pada tes kemampuan mengingat. Jadi, Anda tidak cepat pikun juga! Penelitian ini juga mengungkapkan perbandingan usia otak. Yaitu 10 tahun lebih muda dari mereka yang tidak makan buah dan sayur.

Sementara itu, penulis studi Profesor Martha Clare Morris dari Rush University Medical Center, Chicago menjelaskan dengan menambahkan menu sayuran dan buah ke dalam makanan Anda, itu dapat menjaga kesehatan otak Anda. “Penelitian ini melihat kasus demensia sebagai contohnya dan penyakit itu bisa ditekan dengan rutin mengonsumsi makanan hijau dan salad,” kata Martha.

Penelitian yang dipublikasi secara online di Jurnal Neurology ini melibatkan 960 orang berusia rata-rata 81 tahun dan semuanya mengalami demensia. Para peserta diminta untuk menyelesaikan kuesioner tentang apa yang paling sering mereka makan setiap hari. Setelah itu, kemampuan berpikir dan ingatan mereka diuji selama waktu yang ditentukan.

Terkait dengan pertanyaannya, peneliti mengajukan pertanyaan seberapa sering dan berapa porsi makanan yang mereka konsumsi dari tiga sayuran dan salad ini; bayam, kangkung, dan salad. 

Baca Juga:

Dalam proses pengujiannya, peneliti dibagi menjadi lima kelompok yang sama berdasarkan seberapa sering mereka makan sayuran dan salad. Orang-orang di kelompok paling sering ternyata hanya makan sekitar 1,3 porsi sayuran hijau dan salad per hari. Sedangkan mereka yang paling sedikit makan salad makan rata-rata 0,1 porsi per hari.

Secara keseluruhan, skor peserta pada tes berpikir dan memori menurun dari waktu ke eaktu pada tingkat 0,08 unit standar per tahun.

Tapi, professor Morris mencatat bahwa penelitian ini tidak membuktikan bahwa mengonsumsi makanan hijau dapat memperlambat penuaan otak secara pasti. Penelitian ini hanya menunjukan sebuah asosiasi yang tidak bisa dibuktikan hanya dengan satu penelitian.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini