Raffi Ahmad Ajak Rafathar Mandi Air Hujan, Ternyata Ini Manfaatnya

Vessy Frizona, Jurnalis · Kamis 21 Desember 2017 18:51 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 21 481 1834128 raffi-ahmad-ajak-rafathar-mandi-air-hujan-ternyata-ini-manfaatnya-h7m7d4TuZW.JPG

BANYAK orangtua cemas bila anak mereka terkena hujan, hal itu dikerenakan anggapan air hujan dapat membuat si kecil sakit akibat virus, kotoran dan suhu dingin.

Namun, berbeda dengan orangtua lainnya, Raffi Ahmad justru sengaja mengajak buah hatinya dengan Nagita Slavina, Rafathar Malik Ahmad mandi air hujan.

Dalam tayangan Youtube di channel vlog Ransentertaiment, pria 30 tahun itu mengatakan mandi hujan bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh anak, mengenalkan anak dengan lingkungan dan membuat anak tidak takut dengan alam dan cuaca dingin.

Akan tetapi, di atara manfaat yang disebutkan Raffi Ahmad, ada banyak manfaat lainnya dari mandi hujan bagi si kecil. Mengutip dari Kidshealth, Kamis (21/12/2017), inilah manfaat mandi hujan.

Menciptakan bonding

Mandi hujan bersama anak dapat menciptakan bonding antara orangtua dengan anak. Saat mandi hujan bersama, ayah dan anak dapat tertawa bersama, main kejar-kejaran, dan menciptakan berbagai momen seru.

Menambah wawasan

Saat mandi hujan orangtua bisa menjelaskan hal-hal terkait hujan, seperti dari mana asal air hujan. Selain itu, ambil kesempatan saat anak-anak bertanya tentang apa pun yang mereka tanya tentang hujan dan alam.

Merangsang kreativitas

Seperti halnya orang dewasa yang dapat terinpirasi berbagai dari hujan. Anak-anak pun demikian, mereka bisa berimajinasi dan berpikir kreatif, seperti menyiram tanaman, mengajak hewan peliharannya mandi hujan, atau bernyanyi.

(Baca Juga: Mengapa Harus Keramas Setelah Kehujanan? Ini Alasannya)

Meningkatkan indera perasa

Suara rintik air hujan akan mengasah indera pendengaran anak, begitupun aroma udara saat hujan dapat mengasah kepekaan indera penciuman anak. Ketika air hujan jatuh ke kulit, maka indera peraba anak menjadi tahu rasanya terkena tetesan hujan.

(Baca Juga: Masya Allah, Ternyata Air Hujan yang Murni dan Bersih Dijelaskan Alquran dan Sains)

Menstimulasi saraf motorik

Saat bermain hujan maka seluruh tubuh anak akan bergerak. Kepala mereka akan melihat ke atas dan ke bawah, tangan mereka menengadahkan hujan, mencipratkan air, dan tepuk tangan, sedangkan kakinya akan belari dan melompat. Semua gerakan itu anakn menstimulasi saraf motorik anak sehingga mengoptimalkan kemampuan fisiknya.

Nah, setelah mengatahui berbagai manfaar hujan, apakah Anda masih takut mengajak si kecil main hujan? Ya, main hujan boleh-boleh saja, asal pastikan dulu bila anak-anak sedang dalam kondisi sehat.

(Baca Juga: Seberapa Bahaya Air Hujan bagi Tubuh Anda?)

Adapun tips dari Raffi Ahmad bila akan mengajak anak main hujan, "pastikan anak sudah makan dan perutnya kenyang, jadi anak enggak kedinginan. Setelah mandi hujan mandikan dengan air hangat dan segera dihandukan. Isi lagi perut anak dengan makanan hangat."

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini