nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pengorbanan Ibu Ini Mungkin Anda Tak Pernah Sadar Makna di Baliknya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 01:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 22 196 1834290 5-pengorbanan-ibu-ini-mungkin-anda-tak-pernah-sadar-makna-di-baliknya-UBL6Br8vkQ.jpg Ilustrasi (Okezone)

KASIH ibu sepanjang masa. Tidak ada satu hal pun yang bisa menggantikan segala perjuangan ibu dalam membesarkan anaknya. Sekalipun Anda memberikan kekayaan material padanya sepanjang dia hidup.

Dengan begitu, sudah sepatutnya seorang anak berbakti pada orangtuanya, tidak hanya pada ibu sebetulnya. Sebab, mereka lah yang sebetulnya berada di belakang kesuksesan Anda sekarang. Mereka lah yang senantiasa mendoakan anaknya dari kejauhan jika Anda merantau jauh dari kampung halaman.

Guys, mungkin Anda sekarang sudah pisah jauh dengan ibu Anda. Tapi, lima pernyataan berikut ini mungkin masih Anda ingat sampai sekarang. Lima pernyataan itu bermakna pengorbanan besar yang mungkin Anda tidak sadari dan Anda anggap sebagai angin lalu.

Okezone coba memaparkan 5 pernyataan berikut yang mungkin sebetulnya ada ungkapan lain yang bermakna sama, perjuangan orangtua untuk kebahagiaan anaknya.

1. Ibu sudah makan, buat kamu saja

Masih ingat dengan ungkapan sederhana ini? Anda mungkin tidak sengaja bilang kalau perut Anda lapar, sementara uang di kantong ibu hanya tinggal sedikit dimana itu cukup membeli satu porsi makanan saja. Ibu akan mengucapkan ini dan membiarkan anak kesayangannya makan dengan lahap. Kenapa? Yang penting ibu sudah bisa bikin Anda bahagia. Bagaimana dengan dia? Masih ada hari esok dan rasa lapar itu akan hilang dengan sendirinya.

2. Dapat besek kondangan atau syukuran, dek, nih makan lumayan isinya daging!

Hal yang mungkin banyak dilakukan ibu adalah membiarkan dirinya “sakit” demi kebahagiaan anaknya. Salah satu kasusnya adalah saat dia baru pulang dari acara lalu bawa besek. Sampai rumah apakah ibu yang makan makanan itu? Tidak. Dia pasti akan bertanya ke anaknya terlebih dulu, “mau dimakan? Kalau mau, buat kamu saja.” Mungkin sebetulnya ibu Anda menahan rasa lapar sepanjang perjalanan pulang. Anda sadar?

3. Kamu mau makan apa? Nanti ibu ngikut saja

Membuang ego demi anaknya adalah ciri khas seorang ibu yang sayang anaknya. Salah satu contohnya adalah merelakan dirinya sendiri untuk mengikuti keinginan anaknya. Mungkin saat itu ibu Anda lagi ingin makan ayam, tapi Anda memilih mau makan daging. Pernyataan ini pasti, “ibu ngikut aja. Kamu yang tentuin mau makan apa, ya”.

(Baca Juga: Hari Ibu, Sudahkah Anda Menyiapkan Kado Spesial untuk Bunda?)

4. Selimutnya kamu yang pakai saja, ibu udah pakai baju lengan panjang kok

Ungkapan ini akan keluar saat di rumah hanya ada satu selimut dan Anda dan ibu siap untuk tidur. Meskipun udaranya dingin, ibu Anda akan memberikan selimut hangatnya kepada Anda. Apakah ibu akan jengkel? Tentunya tidak. Jika anak dia lebih merasa nyaman tidurnya, itu sudah kebahagiaan bagi si ibu.

(Baca Juga: Surga Adalah Ibu)

5. Ibu bangga sama kamu!

Dimana sisi pengorbanannya? Bukan kah itu sebuah ungkapan kebahagiaan biasa? Anda mesti sadar, ungkapan itu bisa keluar dari pengorbanan ibu mencari nafkah agar Anda bisa menyelesaikan sekolah yang mungkin Anda pilih. Saat ibu sudah berucap, “Ibu bangga dengan kamu!”, dia akan melupakan segala susah payahnya mencari nafkah dan memastikan semua kebutuhan pun keinginan anaknya terwujud. Sadar atau tidak, ketika Anda sudah mendengar kalimat itu dari ibu Anda, tidak ada salahnya berjanji untuk membahagiakan dia dan membanggakan dia sampai kapan pun.

Selamat hari ibu!

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini