nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beda dengan Ibu Zaman Dulu, Ini yang Perlu Diingat Ibu Milenial

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 22 Desember 2017 08:20 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 12 22 196 1834337 beda-dengan-ibu-zaman-dulu-ini-yang-perlu-diingat-ibu-milenial-qKzjz40L36.jpg Ilustrasi (Foto: Squarespaces)

SEIRING perkembangan zaman, nasib wanita tidak hanya sekedar menjadi ibu. Mereka punya pekerjaan tambahan sebagai wanita karir di samping mengurus keluarga.

Berbeda sekali dengan kaum wanita zaman dulu yang cenderung berprofesi sebagai rumah tangga. Ada banyak hal yang membedakan generasi ibu milenial dan zaman dulu dengan pengalaman masing-masing.

Dalam Peringatan Hari Ibu, wanita harus bisa memahami kodratnya meski harus punya banyak pekerjaan. Jangan sampai seorang wanita lupa dengan kewajiban yang seharusnya dilakukan sepanjang hidupnya.

Perjuangan wanita apalagi saat menjadi ibu membuat banyak orang menghargai dirinya. Termasuk suami dan anak-anaknya yang tunduk, karena ibu jadi pondasi keluarga yang baik.

Ketua Kongres Wanita Indonesia Dr Ir Giwo Rubianto Wiyogo MPd mengatakan, wanita dilahirkan untuk menata banyak hal supaya lebih tertata. Termasuk dalam membangun keluarga, meski merangkap menjadi wanita karir, menjadi ibu tidak boleh menyalahi kodratnya.

"Menjadi ibu yang juga sebagai wanita karir jangan menyalahi kodrat. Ibu zaman sekarang apalagi, boleh melakukan hal apa saja, karena kodrat wanita tidak hanya memasak atau menyapu rumah saja," ujar Giwo saat ditemui di kawasan Senayan, belum lama ini.

Dijelaskan Giwo, menjadi ibu milenial juga tetap memiliki kodrat sebagai wanita. Yakni menstruasi, hamil, melahirkan anak hingga membesarkan anak.

Kalaupun menjadi wanita karir, tetap tidak boleh melupakan tugasnya. Saat berada di rumah sudah pasti pekerjaannya berbeda.

Menjadi seorang ibu tentu banyak berjuang. Pengalaman hidupnya juga pasti tak akan terlupakan. Karena sepanjang hidupnya, seorang ibu dapat melawan keterpurukan yang menerpa dirinya atau keluarganya.

Baca Juga: Pengalaman dan Kenangan Terindah Mengandung Bayi yang Pasti Dialami Ibu sebagai Kodratnya

Giwo mengatakan, hampir tidak ada bedanya kebiasaan ibu zaman now dan zaman dulu. Karena kodrat wanita diciptakan sama dan pasti dilalui seorang ibu.

Namun, pesan yang dikatakan Giwo untuk para ibu generasi apapun, janganlah melupakan kodrat. Karena setiap ibu punya pengalaman masing-masing yang sangat unik.

"Tidak ada bedanya ibu zaman sekarang dan dulu, karena ibu sama-sama melahirkan anak dan membesarkannya. Perjuangan juga tidak jauh berbeda karena Tuhan menciptakan sama," terangnya.

Baca Juga: Terkena Alzheimer, Ibunda Perempuan Ini Tak Kenal Lagi Siapa Keluarganya (Part 1)

Meski menjadi seorang wanita karir, seorang ibu harus kembali mengerjakan tugasnya. Pastinya sepanjang hayat ibu punya cerita masing-masing dan menjadi kenangan yang sulit diungkapkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini