nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Meriahkan Festival Kuliner RCTI: Mieneka Nusantara, Baim Wong Blak-blakan Soal Bisnis Kulinernya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 23 Desember 2017 21:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 23 298 1835136 meriahkan-festival-kuliner-rcti-mieneka-nusantara-baim-wong-blak-blakan-soal-bisnis-kulinernya-gFMbIZS4Za.jpg Baim Wong (Foto: Dimas/Okezone)

FESTIVAL Kuliner RCTI: Mieneka Nusantara resmi digelar di Living World Mall, Alam Sutera, Tangerang Selatan, mulai dari 22-24 Desember 2017. Tujuannya adalah untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia khususnya yang tinggal di kawasan Tangerang, agar tertarik mencicipi olahan mi dari berbagai daerah.

Turut hadir dalam acara tersebut, salah satu artis ternama Indonesia yang juga terjun dalam bisnis kuliner, Baim Wong. Pada kesempatan ini Baim sempat memaparkan suka dan dukanya dalam menjalani bisnis yang telah ia jalani sejak 2007 lalu.

"Tidak banyak yang tahu, saya itu sudah mendalami bisnis kuliner dari tahun 2007, jadi kurang lebih sudah 11 tahun. Kalau ditanya kenapa tertarik dengan kuliner, karena itu passion saya. Saya memang suka makan dan memasak," ungkap Baim kepada Okezone.

Lebih lanjut ia mengatakan, menjalani bisnis kuliner itu sebetulnya jauh lebih sulit dibandingkan bisnis fashion. Mulai dari permasalahan manajemen hingga urusan dapur harus dipersiapkan secara matang.

"Kuliner itu bisnis paling susah. Kalau boutique kan cuman bayar kasir. Bisnis kuliner itu makanan bisa basi, terus banyak yang harus dibayar gaji kasir, pramusaji, sampai chefnya. Jadi harus prepare banget," imbuhnya.

Diakui oleh Baim, sejak merintis bisnis kuliner sejak 2007 lalu, ia beberapa kali sempat gulung tikar, dan baru mendapatkan formula yang tepat 5 tahun kemudian.

"Tahun 2012 itu restoran saya ada 4. Tapi hanya 1 yang berhasil sementara 3 lainnya bangkrut. Dari situ saya belajar banyak, mulai dari persoalan harga hingga masalah resep. Waktu itu saya beli bahan makanannya "beli putus" jadi ketika produk laku, penjualnya malah menaikkan harga. Sekarang semuanya saya lakukan sendiri di rumah," papar Baim.

Untuk urusan harga, Baim pun tidak mau gegabah. Ia selalu mendengarkan feedback dari customer sebelum menentukan harga yang tepat untuk produk makanannya.

"Persoalan harga itu sangat penting. Semua kalangan baik maunya harga yang murah atau sesuai dengan kualitas produk yang disuguhkan. Saya selalu mendengar customer terlebih dahulu, seperti apa respon mereka," jelasnya.

Pada kesempatan ini, Okezone juga sempat mencicipi beberapa hidangan yang dijajakan oleh para peserta Festival Kuliner RCTI: Mieneka Nusantara. Pilihan pertama jatuh pada olahan Mie Kari Ayam khas Medan.

Bagi Anda yang suka menyantap hidangan berporsi besar, menu ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Hidangan tersebut terdiri dari olahan mie lidi kuning bertekstur tebal, kemudian ditambahkan beragam isian lezat seperti potongan daging ayam, kembang tahu goreng, teri medan, ubi goreng suwir, dan kerupuk. Lalu disajikan dengan kuah kari bercita rasa gurih dengan aroma rempah-rempah yang khas.

Untuk makanan penutup, Okezone mencicipi salah satu dessert kekinian yang sedang digandrungi generasi jaman now yakni, ice cream roll. Ada beberapa varian rasa dan topping yang bisa Anda cicipi, mulai dari matcha, vanilla, strawberry, cokelat dan durian. Rasanya yang segar sangat cocok untuk dinikmati setelah Anda puas menyantap hidangan utama.

Jangan khawatir, semua hidangan yang dijual di Festival Kuliner RCTI: Mieneka Nusantara ini dibanderol mulai dari Rp25 ribu saja. Bagaiamana Okezoners, tertarik untuk mencobanya? Yuk datang langsung ke Living World, Alam Sutera, Tangerang Selatan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini