nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini Dia 6 Hal Menarik Soal Minuman Soju Khas Korea!

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 25 Desember 2017 18:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 25 298 1835690 ini-dia-6-hal-menarik-soal-minuman-soju-khas-korea-QKCIFOpw5M.jpg Minuman Khas Korea Soju (Foto: Koreaboo)

SELAIN terkenal dengan serial drama, lagu K-pop, film, dan aneka kulinernya. Pamor akan minuman alkohol khas Korea, soju juga tidak kalah melejit di dunia.

Yup, sulit untuk dipungkiri bahwa sekarang siapa sih yang tidak familiar dengan minuman alkohol dengan botolnya yang berwarna hijau satu ini?

Well, dibalik kepopulerannya, soju hadir dengan sederet hal menarik yang belum banyak diketahui orang. Apa saja hal menarik seputar minuman soju? Berikut ulasan singkatnya, sebagaimana dilansir Koreaboo, Senin (25/12/2017).

1. Laris manis : Disebutkan, soju termasuk dalam salah satu jenis minuman alkohol paling laris penjualanannya di dunia selama lebih dari dalam kurun waktu satu dekade.

2. Metode pembuatan : Tahukah bahwa ternyata metode brewing, alias pembuatan soju masuk dan hadir di Korea sejak abad ke-12 melalui orang-orang Mongolia.

3. Tingkat konsumsi : Sewaktu periode era Chosun, saking populernya minuman soju ini bahkan sampai mempengaruhi tingkat konsumsi nasional nasi, sehingga hal ini menjadi suatu alarm pertanda bagi pemerintah Korea kala itu. Disebutkan, sekarang rata-rata satu orang Korea mengonsumsi sekira 13,7 gelas minuman soju per satu pekan.

4. Iklan soju : Di Korea Selatan, tidak bisa semua sosok selebrita ataupun idols menjadi model iklan dari suatu brand minuman soju. Sebab, hanyalah selebriti dan idols super terkenal atau dengan kata lain topstar yang didapuk untuk jadi brand ambassador suatu merek minuman soju.

5. Minuman elit : Disebutkan pula, dahulu minuman soju ini hanyalah hadir sebagai minuman alkohol untuk orang-orang yang memiliki status dan kasta sosial tinggi alias upper class. Namun, seiring dengan berjalannya zaman kini minuman alkohol ini bisa bebas dinikmati orang-orang dari berbagai lapis kalangan.

6. Minuman segala suasana : Imej sebagai minuman segala suasana rasanya wajar diberikan pada minuman alkohol satu ini. Bagaimana tidak? Jika diperhatikan, soju adalah minuman alkohol yang tidak pernah absen kehadirannya dalam berbagai occasions di Korea, mulai dari yang bernuansa kebahagiaan seperti pernikahan dan anniversary, hingga saat berduka seperti acara peringatan kematian, pemakaman, sampai momen putus cinta.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini