nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Moms, Jangan Buang 8 Sisa Makanan Ini ke Wastafel!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Rabu 27 Desember 2017 18:45 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 27 298 1836462 moms-jangan-buang-8-sisa-makanan-ini-ke-wastafel-QYgSqn1fjU.jpg Pasta (Foto: Taste)

 MEMBUANG sampah di sembarang tempat menjadi salah satu kebiasaan sebagian besar orang yang masih terus dilakukan hingga detik ini. Kebiasan buruk ini tentunya menimbulkan berbagai dampak negatik yang berkaitan langsung dengan lingkungan. Mulai dari banjir, mendatangkan berbagai penyakit, mencemari lingkungan, dan masih banyak lagi.

Untuk menghilangkan kebiasan tersebut, Anda bisa memulainya dari hal-hal kecil yang ada di sekitar rumah. Salah satunya dengan tidak sembarangan membuang sisa makanan ke dalam wastafel atau saluran pembuangan. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika kebiasaan ini dilakukan terus-menerus, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami berbagai permasalahan serius.

Dilansir dari Food & Wine, Rabu (27/12/2017), berikut Okezone rangkumkan 8 jenis sisa makanan yang seharusnya Anda buang ke tempat sampah bukan ke dalam saluran pembuangan.

Minyak goreng

Sadar atau tidak, minyak menjadi salah satu penyebab utama wastafel di dapur Anda tersumbat oleh kotoran yang bertumpuk. Selain minyak goreng, Anda juga harus menghindari mayones dan salad dressing agar tidak terbuang ke dalam lubang wastafel.

Mentega dan margarin

Kedua bahan makanan ini dapat menjadi salah satu penghalang air jika dibuang terus-menerus ke dalam wastafel. Apalagi jika dibuang dalam kondisi meleleh. Mentega dan margarin bisa membeku dan menyembut aliran air.

Lemak dari sisa makanan

Seperti minyak, lemak sisa makanan dari daging asap atau jenis daging lainnya ternyata dapat menghalangi saluran pembuangan jika dibiarkan menempel di dalam pipa.

Kulit telur

Cangkang atau kulit telur memiliki tekstur yang cukup keras. Selain itu, selaput yang terdapat pada bagian dalamnya juga bisa menyumbat saluran pembuangan. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengolahnya menjadi pupuk kompos yang dapat menyuburkan tanaman di halaman rumah.

Ampas kopi

Salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan sebagian besar orang adalah membuang ampas kopi ke dalam lubang wastafel. Hal ini harus dihindari karena ketika ampas kopi tercampur dengan minyak atau lemak sisa makanan, ia akan memenuhi saluran pembuangan Anda. Segera buang ke tempat sampah atau dijadikan pupuk kompos.

Baca Juga:

Pasta

Seperti yang sudah sering Anda alami, tekstur mi akan mengembang ketika terkena air. Oleh karena itu, jangan pernah membuang sisa pasta atau mi instan ke dalam lubang wastafel di dapur rumah. Selain karena sifat alaminya itu, teksturnya cenderung lengket dan sulit untuk dibersihkan ketika sudah terperangkap di saluran pembuangan.

Nasi

Sama seperti pasta, sisa nasi seringkali terbuang ke dalam saluran pembuangan, dan teksturnya pun lebih mudah membengkak karena dapat menyerap air.

Tepung

Kombinasi air dan tepung pada dasarnya dapat menghasilkan adonan bertekstur lengket. Oleh karenanya, hindari membuang tepung ke dalam saluran pembuangan.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini