Bocah TK Ini Sedang Belajar Mengeja Kata, Lihat Aksinya Dijamin Ngakak!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 09:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 28 196 1836744 bocah-tk-ini-sedang-belajar-mengeja-kata-lihat-aksinya-dijamin-ngakak-XU6qdEG4wj.jpg Anak Belajar Baca Bikin Ngakak (Foto: Instagram)

KEPOLOSAN anak-anak tidak bisa disalahkan. Namun, kalau sudah berdampak buruk baik untuk diri si bocah maupun lingkungan, tidak ada salahnya untuk mengajak atau memberitahu dia mana yang lebih baik untuk dilakukan.

Nah, di usia anak-anak, biasanya mereka sedang asyik-asyiknya mempelajari hal yang baru. Mulai dari belajar mengenal warna, mengenal bentuk, rasa, pun juga kata. Semuanya perlu dampingan, ya. Tidak bisa mereka mengenal itu semua dengan sendirinya.

Aksi bocah ini mungkin akan memberikan sedikit gambaran mengenai apa yang dipelajari dengan apa yang dialami si bocah ini berbeda 100 persen.

Dilansir dari akun Instagram @smart.gram, belum lama ini akun tersebut membagikan video anak TK yang sedang belajar membaca huruf menjadi sebuah kata. Terlihat ada 4 gambar besar dengan kata di bawah setiap gambar.

Di bocah nampak serius dengan wajah yang fokus pada gambar di buku tersebut. Ibunya pun coba mengabadikan aksi anak perempuannya tersebut dengan ponsel pintarnya. Mungkin setelah belajar, si ibu mau memberitahu suaminya kalau sekarang anaknya itu sudah bisa membaca kata.

Tapi, apa yang terjadi, mungkin akan membuat Anda terpingkal-pingkal. Pasalnya, si bocah cukup baik dalam mengeja kata. Namun, apa yang dia ucapkan pada akhir pengejaannya, itu yang membuat si anak pun si ibu tertawa terbahak-bahak.

Gambar yang pertama adalah gambar pepaya dengan kata di bawahnya p-e-p-a-y-a. Si anak pun lantang menyebutkan semua huruf dengan baik. Tapi, saat merangkum semua hurufnya, si anak malah menyebutkan “GANDUL” bukan “PEPAYA”. Ibunya pun sontak membetulkan, “pepaya”. Tapi, lagi-lagi, si anak dengan lantang menjawab, “emoh, GANDUL!”

Gadis kecil itu melanjutkan ke gambar kedua yang merupakan gambar tempe dengan kata di bawahnya t-e-m-p-e. Untuk yang satu ini, si anak berhasil melafalkan semua huruf dan mengucapkan kata yang tepat sesuai dengan yang ada di buku. “Tempe,” kata si bocah. “Pinter,” ucap bundanya bangga.

Masuk ke gambar ketiga, kali ini gambar telur dengan ejaan t-e-l-o-r. Si anak ternyata meminta bantuan pada bundanya untuk pengejaan kata yang satu ini. Si gadis tidak mengetahui huruf “r” dan setelah dia berusaha mengeja kata “telor” yang keluar dari mulutnya malah “ENDOK”. Si bunda pun dengan lantang membetulkan, “TELOR”. Tapi, lagi-lagi si anak keukeuh dengan pendiriannya. Dia tetap mau menyebutnya “endok”. Tawa si bunda pun terdengar renyah.

Nah, gambar yang terakhir adalah gambar pisang dengan ejaan p-i-s-a-n-g. Di sesi ini, bocah mungil itu menyebut “g” sebagai “y” makanya sang bunda langsung membetulkan dan si gadis menyebutkan “g” di ujung. Dan saat merangkung ejaan pisang ini, si gadis awalnya berpikir sejenak, mungkin dia tidak tahu kalau “ng” dibaca “eng” makanya dia diam.

Lalu, terucap kata dari mulut kecilnya “GEDANG”. Si bunda pun membetulkan, “Pisang, dede…” kata si bunda diiringi dengan tawa yang pecah. Tidak hanya si bunda yang ketawa, gadis mungil itu pun terlihat ikut menertawai dirinya sendiri bahkan dia sampai bangkit dari tempatnya duduk.

Haduh! Ada-ada saja kelakuan bocah, ya…

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini