nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penting! Hindari 3 Hal Ini saat Bersihkan Dapur

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 05:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 28 196 1836902 penting-hindari-3-hal-ini-saat-bersihkan-dapur-1V3y0oiWJA.jpg Dapur (Foto: Julia Steele/Thekitchn)

SEPERTI halnya area rumah yang lain, contohnya kamar tidur utama, ruang tamu, hingga kamar anak, area dapur pun tidak boleh luput untuk dibersihkan.

Membersihkan area dapur, ini artinya tidak hanya mengepel lantai dapur hingga bersih, membersihkan kompor, bak tempat cucian piring, tetapi juga hingga mengeluarkan semua perabotan peralatan memasak dari rak. Pekerjaan yang banyak untuk dilakukan bukan? Nah, agar acara membersihkan area dapur ini efisien dan maksimal, ada beberapa hal yang harus diingat untuk tidak dilakukan ketika sedang membersihkan dapur. Apa saja? Berikut di bawah ini uraiannya sebagaimana disitat Thekitchn, Jumat (29/12/2017):

1. Memakai sepatu dan slipper

Hal pertama yang harus dihindari untuk dilakukan saat membersihkan dapur, adalah memakai sepatu. Sebab, di sepatu bisa menempel apa saja yang tertinggal dari tanah, mulai dari kuman, kotoran, debu, bahkan bekas kotoran binatang yang tidak sengaja terinjak.

Saat membersihkan dapur, disarankan untuk bertelanjang kaki. Selain memudahkan gerak kesana-kemari, dengan bertelanjang kaki maka Anda juga bisa langsung menyadari jika masih ada lantai yang kotor ataupun basah terlewati untuk dilap.

2. Membereskan segala peralatan dapur

Pusing melihat tata letak alat-alat masak, peralatan makan yang kurang rapi? Tahan diri untuk tidak membuat sesi membersihkan dapur ini menjadi semakin berat, dengan tidak membereskan segala peralatan yang pada dasarnya masih bisa menunggu keesokan harinya untuk dirapikan.

Ingat, ini adalah waktu untuk membersihkan, bukan organizing atau beres-beres. Gunakan waktu dan energi yang ada dengan efisien untuk membersihkan noda-noda pada kompor, lantai yang lengket dan kotor, hingga mengelap rak-rak kabinet kitchen set sampai bersih tidak lagi berdebu.

Baca Juga:

3. Memasak sebelum dan sesudah

Sesuka-sukanya Anda dengan memasak, disarankan untuk tidak langsung segera memakai area dapur yang baru saja dibersihkan hingga kinclong ini untuk memasak. Agar acara bersih-bersih dapur ini tak sia-sia, sebaiknya dilakukan pada hari Sabtu siang ke sore, sehingga saat malam tiba, Anda bisa tinggal memesan makanan dari luar atau sekalian pergi bersantap di restoran atau pusat perbelanjaan setempat.

Dengan ini, dapur yang sudah bersih dan kinclong tidak perlu menjadi kembali kotor. Kegiatan memasak ini juga disarankan tidak dilakukan sesaat sesi membersihkan dapur dimulai. Sebab, siapa sih yang ingin menambah beban dapur menjadi semakin kotor?

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini