nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Catat! 5 Hal Seharusnya Tidak Dilakukan Setelah Makan, Makan Buah Salah Satunya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 15:17 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 28 298 1836922 catat-5-hal-seharusnya-tidak-dilakukan-setelah-makan-makan-buah-salah-satunya-27HC0xfYde.jpg Tidak boleh makan buah setelah makan (Foto:Ist)

 

SETELAH acara makan selesai, merebahkan diri di tempat tidur rasanya bisa dibilang adalah insting alami hampir semua orang bukan?

Akan tetapi, banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa kebiasaan ini bisa menjadi hal yang paling buruk untuk dilakukan setelah selesai makan.

Selain merebahkan diri di tempat tidur, masih ada sederet kebiasaan-kebiasaan lain yang bisa menghambat proses pencernaan dan bisa memberikan dampak berbahaya bagi tubuh dalam jangka panjang. Menurut ahli gizi, Dr Anju Sood, proses pencernaan dalam tubuh adalah salah satu fungsi utama tubuh. Banyak energi dikonsumsi oleh tubuh selama proses ini berlangsung.

BACA JUGA:

Era 70an Konsumen Tak Begitu Peduli dengan Produk Halal, tapi Sekarang Beda!

Kemudian, apa saja kebiasaan-kebiasaan yang kerap dilakukan sehari-hari yang di mana seharusnya tidak dilakukan setelah makan? Berikut ulasan singkatnya, seperti diwarta Ndtv, Kamis (28/12/2017).

 

1. Merokok :

Kebiasaan buruk satu ini bukan rahasia lagi, memang biasanya dilakukan paling sering setelah makan. Namun tahukah Anda, merokok dapat mempengaruhi usus dan menyebabkan iritasi pada usus. Selama proses pencernaan, nikotin cenderung mengikat oksigen di dalam darah dan mudah terserap. Merokok setelah makan juga bisa meningkatkan risiko kanker usus loh! Seram kan?

 

2. Meminum teh :

Jangan salah! Disebutkan, meminum teh langsung setelah makan juga bisa mengganggu sebagian besar proses pencernaan. Hal ini terjadi terutama karena adanya tanin di dalam minuman teh, di mana tanin ini adalah zat kimia yang ada dalam teh atau kopi yang mengganggu kapasitas penyerapan zat besi tubuh.

 

3. Mandi :

Ya, Anda tidak salah baca kok! Jika Anda terbiasa mandi setelah makan maka akan ada kemungkinan proses pencernaan dalam tubuh akan tertunda. Saat kita mandi, darah di sekitar perut cenderung mengalir ke bagian tubuh lain yang pada akhirnya menghambat sebagian besar proses pencernaan. Jadi biasakan, mandi dahulu sebelum makan ya.

BACA JUGA:

Daging Sapi Muda Bernilai Lebih dari Rp40 Juta Jadi Target Perampokan!

4. Tidur :

Tidur setelah selesai makan memang membuat diri nyaman dan kegiatan yang enak untuk dilakukan bukan? Eits! Tapi ketahuilah bahwa tidur setelah makan tidak selalu akan membuat diri nyaman dan rileks sebab ketika sedang tidur, tubuh sudah dalam kondisi bekerja keras untuk mencerna makanan terakhir yang diasup. Kondisi ini akhirnya tidak hanya menyebabkan gangguan pencernaan tapi juga bisa menyebabkan penambahan berat badan.

5. Makan buah :

Buah-buahan tidak diragukan lagi adalah salah satu makanan paling sehat untuk dikonsumsi, namun selalu ada waktu yang tepat untuk kapan mengonsumsinya. Buah disebutkan sejatinya harus selalu dikonsumsi sebelum makan, atau dengan kata lain selalu dikonsumsi pada saat kondisi perut kosong agar serapannya jadi maksimal. Diketahui lebih lanjut, buah nmemerlukan enzim yang berbeda untuk dicerna, dan jika dikonsumsi sesaat setelah makan maka menjadikan serat tidak akan bisa tercerna dengan baik.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini