Ini Dia Pastel de Nata, Kue Khas Portugis Paling Populer di Dunia Tahun Ini

Maharani Putri Sabillah, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 16:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 28 298 1836932 ini-dia-pastel-de-nata-kue-khas-portugis-paling-populer-di-dunia-tahun-ini-3C63gTjrMu.jpg Pastel de Nata (Foto: Metro)

DUNIA kuliner kini sedang dirajai oleh makanan jenis kue. Berbagai macam kue turut menghiasi gerai-gerai makanan di setiap sudut kota. Salah satunya yang kini sedang hits ialah kue bernama pastel de nata atau Portugueese Egg Tart.

Kue pastel de nata merupakan kue tart telur khas Portugis. “Pastel” bisa diartikan sebagai pastri (kue kering), “de” artinya dari, dan “nata” maksudnya krim. Dengan demikian, dapat dijelaskan bahwa kue pastel de nata merupakan kue pastri yang dibuat dengan meletakkan isian dari krim yang dicampur dengan kuning telur (custard) di atas atau di dalamnya.

Kue ini memiliki bentuk menyerupai pie mini. Saat digigit, bagian luarnya terasa renyah dan bagian dalamnya lembut dan legit. Banyak yang menyarankan jika kue ini sangat cocok untuk kudapan di sore hari. Karena memiliki cita rasa yang manis, maka pasangan yang tepat untuk kue ini ialah teh tawar hangat.

Pada awalnya, kue ini memiliki ukuran bulat yang besar. Namun, kemudian berganti disajikan per slice, sehingga kebanyakan yang beredar sekarang memiliki ukuran yang mini karena dianggap lebih praktis dengan sekali lahap.

(Foto: Metro)

Kue ini biasa ditemukan di wilayah dengan populasi Portugis yang besar, seperti Kanada, Australia, Amerika Serikat, dan Prancis. Konon, kue ini telah diciptakan sebelum abad ke-18 oleh seorang biarawan Katolik di Biara Jeronimos, Belém, Lisbon. Namun, saat biara tersebut ditutup, tempat selanjutnya yang menjual kudapan lezat ini ialah Casa Pastéis de Belém.

Toko kue Pastéis de Belém merupakan toko kue yang menjual berbagai macam kue kering yang terletak di Ibu Kota Portugal dan telah berdiri sejak tahun 1837.

Berkat kue andalannya, kue pastel de nata yang dijual di toko Pastéis de Belé, membuat toko ini menjadi toko roti paling populer di dunia karena paling banyak diulas di TripAdvisor sepanjang tahun 2017, sebagaimana telah dilansir dari Metro, Kamis (28/12/2017).

Toko kue ini telah mendapatkan 33.425 ulasan, dengan 67 persen pengunjung membicarakan kue lezat tersebut. ada 10.000 review tentang toko roti ini yang dimuat pengunjung dari bulan Oktober 2016 sampai Oktober 2017.

(Foto: netto_schimandy/Instagram)

Baca Juga:

“Kami hanya ingin mencicipi tast custard-nya. Kuenya luar biasa! Dekorasinya indah. Dapat 5 bintang untuk tart custard saja!” tulis salah satu pengguna TripAdvisor kepada toko roti Pastéis de Belém.

Sementara yang lain mengatakan, “Surga bagi mereka yang menyukai kue tart custard mini yang indah dan renyah. Kami membeli sekotak dengan isi delapan dan menyadari bahwa kami membutuhkan lebih banyak. Dan, pelayanannya sangat baik!”

Jangan khawatir dengan antrean karena pelayan di sana bergerak cepat. Kue pastel de nata akan terasa tambah nikmat jika dihidangkan saat masih hangat.

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini