Share

5 Tips Ampuh Mengolah Masakan Rumahan Selezat Racikan Chef Profesional

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Jum'at 29 Desember 2017 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 28 298 1837036 5-tips-ampuh-mengolah-masakan-rumahan-selezat-racikan-chef-profesional-2AEZBeCSnN.jpg Tips memasak di rumah selezat racikan chef profesional (Foto:Foodandwine)

MEMBUAT masakan rumahan sekilas memang terlihat mudah dan praktis. Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang telah dirangkum pada sebuah buku resep. Bahan-bahan yang digunakan pun telah dirancang sedemikian rupa dan disesuaikan takarannya.

Namun, untuk membuat masakan yang sempurna dan disukai banyak orang, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan. Dimulai dari kualitas produk yang digunakan, teknik pengolahan yang tepat, hingga menentukan durasi memasak.

Sebagai salah satu chef profesional yang tumbuh di lingkungan keluarga yang gemar memasak, Michael Symon mengungkapkan bahwa setidaknya ada 5 tips ampuh untuk membuat makanan rumahan menjadi lebih lezat dan layak untuk dikonsumsi. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Food & Wine.

BACA JUGA:

Makan Malam Makin Sedap dengan Tongkol Goreng Bawang Pedas dan Sayur Asem Khas Jakarta

Jangan ragu menambahkan garam

Symon menyadari bahwa tidak semua orang menyukai makanan bercita rasa asin atau menggunakan garam yang terlalu banyak. Namun ia merekomendasikan untuk menggunakan lebih banyak garam dari takaran biasanya.

“Perbedaan antara juru masak yang baik dengan chef professional adalah ketika mereka membumbui makanan,” tutur Symon. “Aku tahu banyak orang yang menonton TV dan melihat beberapa celebrity chef memasak. Asal Anda tahu, Mario Batali itu menambahkan banyak garam pada masakannnya. Namun ada satu hal yang perlu diketahui, apapun yang kita buat semua itu dimulai dari nol, termasuk makanan. Tapi Anda tidak bisa mempercayai seseorang yang mengatakan tidak memasak menggunakan garam, namun makanannya disukai banyak orang. Itu adalah sebuah kebohongan,” tukasnya.

Ia menambahkan, garam sebetulnya berfugnsi untuk membuka langit-langit mulut seseorang sehingga dapat meningkatkan selera makannya. Itulah sebabnya olahan steak di restoran 100 kali lebih baik dibandingkan buatan rumahan. Symon merekomendasikan penggunaan garam jenis kosher atau garam laut untuk mendapatkan hasil masakan terbaik.

Berhati-hatilah saat memasak daging

“Daging filet atau ribeye sebaiknya tidak dimasak well-done karena sama saja Anda membuang-buang uang,” kata Symon. Jika Anda suka memasak daging untuk waktu yang lama, pilihlah daging jenis braciole atau short rib agar teksturnya tetap empuk meski telah melewati proses pengolahan yang cukup lama. Namun, apabila Anda hendak membuat steak dan daging dimasak hingga betul-betul matang atau well done, itu sama saja Anda ‘membunuh daging dua kali. Sayangnya, kesalahan ini sering kali dilakukan oleh sebagian besar orang termasuk ibunya sendiri.

“Ketika saya pergi ke rumah orang tua saya dan ia akan menyajikan steak, saya akan selalu datang satu jam lebih awal untuk membantu proses pengolahannya,” papar Symon.

Belilah bahan makanan musiman

Tomat merah akan terlihat sempurna dan indah ketika dijajakan di supermarket. Namun, mengingat saat ini sebagian besar negara tengah menghadapi musim dingin, rasa tomat tersebut cenderung biasa saja bahkan hambar. Sebagai gantinya, pilihlah tomat kalengan atau sayuran musiman seperti squash, bit, dan umbi-umbian lainnya.

“Nenek saya selalu mengolah makanan sesuai dengan musimnya. Makanan Italia merupakan salah satu contoh terbaik karena dirancang untuk makanan musiman. Tak heran rasanya sangat lezat dan spesial,” kata Symon.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Pelajari beberapa teknik memasak dengan baik

“Jika Anda mempelajari sebuah resep, Anda hanya akan tahu satu resep saja. Tapi jika Anda mempelajari teknik memasak dengan baik, Anda bisa menggunakan teknik tersebut untuk mengolah seribu resep dengan bahan dasar yang berbeda,” ungkap Symon.

Misalnya, dalam salah satu resep Anda dianjurkan untuk menggunakan adonan pasta buatan sendiri atau homemade, jika mengetahui teknik pengolahannya dengan baik Anda bisa membuat variasi adonan yang lebih lezat dan sempurna.

BACA JUGA:

Catat! 5 Hal Seharusnya Tidak Dilakukan Setelah Makan, Makan Buah Salah Satunya

Jangan ragu membeli daging kualitas terbaik

“Rahasia memasak adalah menggunakan bahan dasar berkualitas,” ujar Symon. Lebih lanjut ia mengatakan, “Anda bisa menjadi juru masak atau chef terbaik di dunia. Tetapi jika menggunakan bahan dasar yang seadanya, hasil masakan akan terasa biasa saja. Sebaliknya, jika menggunakan produk berkualitas, meski Anda bukan juru masak profesional, hasil masakan akan terasa lezat dan menggugah selera.”

Menurutnya, poin ini berlaku untuk semua jenis masakan terutama steak. “Dengan semua teknik memasak yang telah saya pelajari selama kurang lebih 30 tahun, saya bisa membuat olahan steak yang lezat dan sempurna. Syaratnya adalah saya harus mendapatkan bahan dasar berkualitas premium. Tapi jika seseorang memberi saya daging dengan kualitas yang biasa saja, saya hanya dapat mengolahnya menjadi hidangan yang layak santap,” tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini