nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lupakan Pisau Biasa! Pisau yang Diuji NASA Ini Diklaim 5 Kali Lebih Lama Tajamnya

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 19:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 28 298 1837073 lupakan-pisau-biasa-pisau-yang-diuji-nasa-ini-diklaim-5-kali-lebih-lama-tajamnya-QgO8GgzYNS.jpg Pisau yang diuji NASA (Foto: Mikeshouts)

DALAM kegiatan memasak dan juga keperluan rumah tangga lainnya, tidak bisa dipungkiri memang peran dari sebilah pisau sangat besar adanya.

Siapa sih yang tidak akan merasa kesal, di saat berada dalam kondisi sedang memakai pisau ternyata pisau yang dipakai jauh dari kata tajam alias tumpul? Apalagi jika ditambah dengan kondisi, pisau-pisau ini cepat sekali tumpul padahal baru saja diasah.

Well, kesal dengan pisau yang tidak tajam ini mungkin hanya akan cerita lama. Bagaimana tidak? Kini, sebagaimana diwarta Mikeshouts, Kamis (28/12/2017) telah hadir sebuah pisau yang digadang-gadang memiliki ketajaman yang mumpuni dan lebih tahan lama. Ialah, Habitat Housewares yang disebutkan baru saja merilis produk pisau bernama NASA Inspired Kitchen Knives.

Dari namanya saja sudah mampu membuat bertanya-tanya kan? Apa hubungan pisau ini dengan NASA? Yup, ternyata diketahui lebih lanjut bahwasanya pisau ini hadir dengan perpaduan bahan logam yang dipatenkan dan dikembangkan oleh Caltech dan diuji oleh badan antariksa Amerika Serikat, NASA. Di mana hal ini tidak hanya membuat mata ujung pisau ini menjadi ekstra tajam, tapi juga ketajamannya akan bertahan jauh lima kali lebih lama daripada pisau biasa.

Dijelaskan lebih lanjut, bahan material ruang angkasa ini memiliki kekuatan dua kali lebih daripada bahan titanium, sehingga lebih tahan lama walau telah melalui proses untuk memadukan material bahan ini dari luar ke badan pisau stainless steel, yang di mana terobosan teknologi dalam rekayasa material ini telah dilisensikan oleh Habitat Kitchen Knives dari Caltech. Well, dengan kemampuan yang digadang-gadangkan ini, rasanya acara memotong-motong bahan-bahan makanan ketika sedang memasak akan jauh lebih enteng dan menyenangkan ya?

Sementara itu, pisau keluaran Caltech yang telah diinfus oleh teknologi canggih ini, berdasarkan analisis dari CATRA, disebutkan memiliki indeks ketajaman dan daya tahan 190,3 dan 1,297,3, yang artinya jauh berlipat-lipat kali lebih tinggi daripada indeks yang dimiliki oleh pisau biasa keluaran merek lain. Selain itu, satu fitur lainnya yang ada pada pisau ini adalah adanya tip tipis namun tajam yang dirancang khusus agar menghasilkan detail potongan, irisan yang lebih tepat, seimbang, dan juga berat sempurna untuk digenggam sehingga terasa seperti perpanjangan tangan, serta pegangan pisau yang terbuat dari bahan kayu.

Untuk harga, pisau ini sendiri diketahui dijual dengan harga mulai dari USD49 atau sekira kurang lebih Rp664.244 untuk produk "Paring Knife" dan USD69 atau kurang lebih senilai Rp935.364 untuk produk "Santoku Knife", dan bisa dipesan pre-order secara online di Kickstarter yang hingga berita ini disitat disebutkan telah terdapat antrian kurang lebih 2.000 antrian.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini