nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rekomendasi Tempat Wisata Baru di Jakarta saat Akhir Tahun, dari Trampolin hingga Akuarium Raksasa

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 09:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 12 28 406 1837176 rekomendasi-tempat-wisata-baru-di-jakarta-saat-akhir-tahun-dari-trampolin-hingga-akuarium-raksasa-vmDJpDnNFr.jpg Indoor trampolin di Jakarta (Foto: Annisa Aprilia/Okezone)

JAKARTA memiliki sederet tempat wisata dan hiburan yang tersebar di berbagai penjuru kota. Perlu Anda tahu, Jakarta juga memiliki wahana permainan yang baru.

Tempat-tempat wisata inilah yang bisa Anda kunjungi di akhir tahun untuk merasakan sensasi yang berbeda dari biasanya. Simak ulasannya sebagaimana Okezone rangkum berikut ini:

Indoor Trampolin Park

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti menganggap trampolin adalah mainan anak-anak. Tidak sepenuhnya salah memang, tapi sebenarnya trampolin pun bisa dimainkan oleh semua umur manusia yang sehat secara fisik.

Jika dulu Anda harus terbang jauh-jauh ke negara tetangga seperti Singapura, atau Malaysia, kini Anda tidak perlu lagi habiskan uang untuk beli tiket pesawat. Pasalnya, taman bermain trampolin telah hadir di Jakarta. Bahkan, taman tersebut hadir di dalam ruangan, dan telah dibuka untuk umum sejak 28 Februari tahun lalu.

Meskipun baru diketahui oleh segelintir orang di Jakarta dan sekitarnya, namun trampolin park yang berada di kawasan Jakarta Utara tersebut merupakan taman trampolin dalam ruang yang pertama di Indonesia. Serupa dengan yang dikatakan oleh Neeraj Khiani, CEO bounce Street Indoor Trampoline Park.

"Perusahaan ini termasuk jenis start up yang dibiayakan oleh investor. Selain itu, dikembangkan juga dengan konsep berbeda dari yang telah ada. Indoor trampoline park seperti ini di Indonesia belum ada, maka kita dengan nekat membuatnya. Bedanya ini karya anak bangsa, dari Indonesia, dan first indoor trampoline park," paparnya dalam kesempatan media gathering di Bounce Street, Jakarta belum lama ini.

Dalam arena bermain trampolin yang dibuat di ruangan ini, anak-anak bisa dengan nyaman melompat, beratraksi, dan bermain dengan anak-anak lainnya. Di sisi lain, orangtua juga bisa mengalihkan perhatian anak dari gadget yang biasanya dimainkan oleh anak-anak zaman sekarang.

"Permainan trampolin bisa menarik gadget dari anak-anak, lebih bersosialisasi, meningkatkan kesehatan, dan motorik anak, daripada sekadar main gadget saja, " lanjut Neeraj.

Dalam pemaparannya Neeraj juga mengatakan, pertama kali negara yang mengenalkan trampolin ialah Las Vegas, Amerika Serikat yaitu pada 2004 dan setelahnya baru menyebar le berbagai negara lainnya. Sementara di benua Asia, trampolin baru masuk sekira 2014 silam, yang didahului oleh negara lain seperti Malaysia dan Singapura.

Untuk taman bermain trampolin dalam ruang yang ada di Jakara sendiri, terdapat 11 arena yang tergabung dalam satu ruangan besar. Kesebelas arena bermain tersebut, yaitu main court, kids court, aero, basketball, airbag, wallrunner, wall climbing, batllebim, foampit, spidertower, dan dodgeball.

"Ada 11 jenis permainan, tiap permainan punya pembelajaran sendiri, seperti team work, focus, adapting with changes, yang cocok bagi individu dan kelompok," tambah Neeraj.

Baca Juga:

Bagi Anda yang berminat untuk mengajak anak-anak, atau sekadae menghabiskan waktu berlibur di Jakarta, bisa langsung datang ke taman bermain trampolin ini yang berada di Jalan Sentra Bisnis Artha Gading, Blok D Kavling No. 8, Jakarta Utara.

Dengan merogoh kocek sebesar Rp110ribu perorang perjam dihari Senin hingga Kamis, dan Rp135ribu per orang perjam diakhir pekan (Jumat hingga Minggu) Anda dan anak-anak sudah bisa mengeksplor taman bermain trampolin. Namun, perlu diketahui Anda harus tiba 30 menit lebih awal dari jam bermain jika tidak ingin menunggu lebih lama.

Jakarta Aquarium

Destinasi wisata dalam kota lainnya yang persis seperti yang ada di luar negeri ialah Jakarta Aquarium. Destinasi liburan dalam kota ini tidak hanya tempat menghabiskan waktu berlibur saja, tapi juga bisa jadi sarana edukasi.

Pasalnya, ada lebih dari 600 jenis satwa dan pertunjukan Pearl of The South Sea yang seru untuk disaksikan. Tampilan satwa-satwa menggemaskan yang ada di Jakarta Aquarium bisa membuat Anda tidak henti-hentinya takjub dan kagum.

Perpaduan keanekaragaman hayati, seperti ikan, berang-berang, bintang laut, siput, dan masih banyak yang lainnya bisa Anda lihat di sana. Bahkan tidak sekadar cukup sampai di situ, Jakarta Aquarium juga memiliki berbagai tawaran pengalaman bagi pengunjungnya.

(Foto: Jakarta Aquarium)

Di sini Anda bisa menemui dan menyapa berang-berang yang cerdas. Mereka akan melalui terowongan kaca, terkadang tertidur menggemaskan sambil berpegangan tangan. Selain itu, Anda juga bisa menyentuh beberapa spesies binatang air pada touch pool. Binatang yang bisa Anda belai, diantaranya hiu bambu, bintang laut biru, siput dan masih banyak lagi.

Baca Juga:

Sementara masih menunggu kehadiran tawaran menarik lainnya, yaitu menyelam bersama hiu, sea trekking, dan area bermain anak, Anda dan keluarga bisa menjelajah seluruh area Jakarta Aquarium yang berada di Neo SOHO lantai LG 101-LGM 101, Jl. Letjen S. Parman Kavling 28, Jakarta Barat, salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta Barat.

Untuk bisa merasakan kekaguman akan binatang-binatang yang ada di Jakarta Aquarium, Anda harus membayar uang sebesar Rp175 ribu untuk hari kerja reguler dan Rp225 ribu untuk yang premium. Sementara, untuk akhir pekan Rp225 ribu untuk yang reguler dan premium.

Berwisata dengan City Tour

Anda bisa menjelajahi kota Jakarta dengan menggunakan Mpok Siti? Apa atau siapakah Mpok Siti?

Mpok Siti adalah julukan yang diberikan untuk Bus City Tour Jakarta alias Bus Wisata Jakarta. Anda yang pernah melihat bus tingkat beroperasi di sekitaran Monas, itulah wujud dari Mpok Siti.

Jika Anda berencana mengajak keluarga liburan yang murah dan mengasyikkan, ajaklah mereka berkeliling kota menggunakan bus tersebut. Adapun yang harus diketahui tentang berwisata menggunakan Mpok Siti adalah sebagai berikut:

1. Anda tidak akan dipungut biaya serupiah pun untuk berkeliling Jakarta dengan bus Mpok Siti. Jika hendak naik, cobalah menunggu di pemberhentian bus yang terdapat di Bundaran Hotel Indonesia, Pecenongan, Museum Nasional, Pasar Baru, Masjid Istiqlal, Monumen Nasional (Monas), Balai Kota, dan Sarinah.

2. Hindari halte-halte yang ramai seperti Monas, agar terhindar dari antrean penumpang. Jumlah kursi Mpok Siti terbatas dan tidak diperkenankan berdiri, untuk itu Anda harus datang lebih awal jika memang berniat untuk berkeliling naik Mpok Siti.

Baca Juga:

3. Waktu operasional bus wisata dimulai dari 9 pagi hingga 7 malam pada Senin sampai Sabtu, dan 12 siang hingga 7 malam pada Minggu. Tapi, jadwal itu sudah tidak berlaku lagi sejak ada beberapa jalan protokol yang melarang sepeda motor melintas, bus wisata beralih fungsi menjadi bus feeder bagi para pemotor. Pada Minggu bus ini baru kembali pada fungsinya sedia kala.

4. Pilihlah kursi paling depan. Menurut pengalaman para penumpang, kursi paling depan adalah tempat yang cocok dan tepat untuk melihat pemandangan ibu kota.

5. Jangan lupa untuk membawa kamera dan mengabadikan momen ketika berada di bus wisata Jakarta. Pemandangan Kota Jakarta akan terlihat berbeda dari dalam bus tersebut. (tam)

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini