Keseringan Ngemil Protein Bar Sebabkan Obesitas dengan Cepat!

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 28 Desember 2017 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 28 481 1836798 keseringan-ngemil-protein-bar-sebabkan-obesitas-dengan-cepat-9EfvhvzBiT.jpg Protein bar bisa sebabkan obesitas (Foto:Ist)

PROTEIN bar sering menjadi camilan andalan banyak orang karena dianggap rendah kalori. Padahal faktanya tidak, karena umumnya makanan tersebut mengandung pemanis buatan dan zat pengawet makanan lainnya yang sebabkan obesitas.

Sampai-sampai para ahli membeberkan bahwa protein bar mengandung bahan pengawet, pewarna, pemanis buatan, pengental dan bahkan minyak dan lemak yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Tentunya kandungan tersebut memicu banyak penyakit kronis dalam jangka panjang.

Sebuah penelitian, baru-baru ini menunjukkan bahwa protein bar sama mengandung lemak seperti burger. Menurut peneliti, protein bar bila dimakan dalam jumlah sedikit aman bagi tubuh. Kalau berlebihan jelas banyak ruginya yang harus Anda waspadai.

BACA JUGA:

Marah Bisa Bikin Sakit Kepala Lho, Ini Sebab dan Cara Mengatasinya

Daniel Fenton dari London Klinik Dokter mengatakan, camilan berbasis bar seharusnya tidak cocok digunakan untuk melengkapi gaya hidup sehat. Protein bar diisi dengan bahan pengawet, pewarna dan pemanis buatan, pengental dan bahkan minyak dan lemak yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

"Seseorang hanya bergantung makan protein bar sebagai sumber makanan utama, sebabkan obesitas," kata Fenton, dilansir Zeenews, Kamis (28/12/2017).

Tim peneliti tengah memeriksa kadar lemak, protein, karbohidrat dan gula pada sekira 50 jenis protein bar yang populer. Temuan tersebut mengindikasikan bahwa kandungan lemak dari protein bar sama dengan burger.

Karena itu, para peneliti mmemperingatkan agar orang jangan terlalu bergantung dengan protein bar. Karena kandungan lemak dan gula yang tinggi, sehingga sulit dicerna.

Juru bicara layanan online NHS, Push Doctor, menambahkan, satu protein bar dapat menyediakan tingkat protein yang dibutuhkan untuk membangun sistem metabolisme tubuh. Utamanya sangat bisa menjaga kesehatan tulang dan otot. Tapi kalau sering makan, Anda bisa kekurangan banyak asam amino esensial yang memblok pembentukan otot.

BACA JUGA:

Yuk Deteksi Masalah Kesehatan Lewat Perubahan pada Wajah

Ahli gizi menyebutkan, asupan protein harian yang dibutuhkan oleh manusia yakni sekira 0,8 gram per kilogram berat badan, yang berarti 56 gram per hari untuk pria. Sementara wanita membutuhkan 46 gram asupan protein.

"Daripada bergantung pada protein bar, akan lebih baik Anda mengonsumsi makanan sumber protein yang lainnya," imbuh dia.

Termasuk ikan, tahu, tempe, daging, telur dan beberapa jenis sayuran hijau. Makanan tersebut akan lebih aman dikonsumsi, daripada protein bar yang sebenarnya berguna sebagai camilan.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini