nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jamur Truffle Hitam Langka Tumbuh di Rooftop Hotel Mewah, Ajaib!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 19:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 29 298 1837614 jamur-truffle-hitam-langka-tumbuh-di-rooftop-hotel-mewah-ajaib-zm9XEQuIxe.JPG Jamur truffle hitam langka (Foto: Thepeninsulaqatar)

KEJADIAN tidak terduga yang bisa membuat kita terperangah, memang bisa terjadi di mana saja, kapan saja, serta dalam bentuk apapun.

Misalnya kejadian unik nan ajaib yang baru saja terjadi di Paris baru-baru ini. Bagaimana tidak unik dan ajaib? Pasalnya, seperti dilapor Thedailymeal, Jumat (29/12/2017) sebuah truffle hitam langka disebutkan telah ditemukan tumbuh di puncak gedung hotel, tepatnya Mercure Paris Hotel yang berlokasi tidak jauh dari menara Eiffel, Paris.

Kota Paris yang diketahui selama beberapa waktu sedang berupaya keras untuk meningkatkan pertanian di perkotaan atau lebih familiar dengan sebutan urban farming, mungkin menjadi bertambah semangat dengan adanya kabar temuan truffle hitam langka yang tumbuh dengan liar dan bebas di atap sebuah bangunan hotel tersebut.

Dengan adanya temuan truffle langka yang tumbuh di tengah kota ini, jelas membuat gardeners dan ahli jamur di Paris sontak menjadi terkejut. Sebab, truffle diketahui biasanya tumbuh di area daerah selatan, jauh dari area kota Paris. Akan tetapi, menurut BBC, nyatanya truffle hitam musim dingin dengan berat sedikit kurang dari satu ons baru-baru ini telah ditemukan tumbuh di dasar pohon hornbeam di taman atap di Paris.

Belum lagi menurut laporan dari BBC, sebelumnya belum pernah ada siapapun yang berhasil menemukan truffle liar tumbuh di Paris. Seperti yang dituturkan oleh jamur Marc-Andre Selosse, selaku seorang pakar jamur mengatakan bahwa temuan ini adalah hal yang luar biasa, dan jika satu truffle tumbuh di atap di sebuah bangunan di Paris, maka bisa kemungkinan ada truffle lebih banyak lagi.

"Hal ini menunjukkan bahwa kejadian serupa seperti ini mungkin saja bisa terjadi kembali, dan mungkin saja akan ada truffle lebih banyak lagi di atas atas bangunan di Paris," ucap Marc-Andre Selosse.

Sementara itu, pihak hotel sendiri disebutkan berharap bisa untuk menemukan dan menanam lebih banyak truffle lagi di masa mendatang. Namun, temuan truffle hitam yang satu ini disebutkan akan disumbangkan ke Museum of Natural History, yang di mana para ahli menyebutkan memiliki hasrat untuk mencicipinya terlebih dahulu untuk bisa mengetahui bagaimana sebuah truffle ini bisa muncul di Paris.

Soal harga, walaupun black winter truffles tidak semahal truffle putih, namun tetap saja yang namanya truffle pastinya tidak akan memiliki banderolan harga yang murah. 2017 ini, harga black winter truffles dikabarkan naik lebih dari USD2700 per pound.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini