nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sigap! Kemenkes Siapkan 3.854 Faskes Sambut Libur Natal dan Tahun Baru

Annisa Aprilia, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017 09:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 29 481 1837290 sigap-kemenkes-siapkan-3-854-faskes-sambut-libur-natal-dan-tahun-baru-9LJCEMrFoU.jpg Pesta Kembang Api Tahun Baru (Foto: Okezone)

PESTA tahun baru identik dengan kemeriahan. Terkadang kegembiraan yang berlebihan justru menimbulkan masalah baru.

Terutama dalam bidang kesehatan, masyarakat acapkali lalai memperhatikan tubuhnya sendiri karena terlalu antusias dalam menyambut tahun yang baru. Orang-orang yang ingin merayakan tahun baru seperti traveling ke lokasi wisata diimbau menjaga kesehatannya.

Namun, bagi masyarakat yang sudah terlanjur mengalami gangguan atau hambatan dalam perjalanan, dan khawatir tidak dapat mencari bantuan, kini tidak perlu bingung. Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan telah melakukan tindakan sigap dalam menyambut libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

"Dalam rangka libur Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan 3.854 Fasilitas Kesehatan. Faskes tersebut berupa 2.228 Puskesmas, 374 Rumah Sakit, 207 Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), 132 Public Safety Center (PSC), dan 913 Pos Kesehatan," ucap Nilla Moeloek, Menteri Kesehatan Republik Indonesia dalam kesempatan Family Gathering Kementerian Kesehatan, Jakarta, Jumat (29/12/2017).

Lebih lanjut, pemerintah juga menyiapkan pos kesehatan yang telah dimulai dari 22 Desember 2017 hingga 2 Januari 2018 mendatang. Pos kesehatan tersebut berada diberbagai titik, seperti rest area, terminal, pelabuhan laut dan juga Bandara.

"Secara bersamaan Kemenkes telah berkoordinasi dengan Korlantas Polri, Kementerian Perhubungan, Jasa Marga, Jasa Raharja dan juga Dinas Kesehatan setempat, terkait kesiapan Faskes tersebut," imbuhnya.

Pos kesehatan ini sifatnya tidak permanen, hanya untuk pertolongan pertama saja. Bagi masyarakat yang memerlukan pertolongan lebih lanjut ketika berada di pos, maka akan dirujuk ke fasilitas kesehatan tingkat lanjut terdekat.

"Untuk menjaga agar tubuh tetap fit selama melakukan perjalanan jauh, masyarakat diimbau untuk istirahat setiap 4 jam. Imbauan ini juga berlaku untuk pengemudi. Cari tempat istirahat atau rest area, dan usahakan mengambil beberapa waktu untuk istirahat atau tidur minimal 15-30 menit. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan," lanjut Nilla.

Menkes juga menganjurkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan kendaraan terlebih dahulu sebelum membawa penumpang. Bila tubuh telah merasa lelah, sebaiknya perjalanan dihentikan sejenak dan perlu istirahat hingga kondisi tubuh dinyatakan sudah fit untuk melakukan aktifitas kembali.

Selain itu, Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota juga mengkoordinasikan pelaksanaan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi pada terminal atau PO bus keberangkatan. Sehingga, diharapkan angka kecelakaan atau kejadian yang tidak diharapkan bisa diminimalisir.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini