Image

Wajib Tahu, 7 Manfaat Sehat Makan Jamur Putih selain Cegah Kanker

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 29 Desember 2017, 12:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 12 29 481 1837361 wajib-tahu-7-manfaat-sehat-makan-jamur-putih-selain-cegah-kanker-a4IlON48Nj.jpg Manfaat jamur putih untuk kesehatan (Foto: Boldsky)

KITA semua tahu bahwa buah dan sayuran yang memiliki warna terang, memiliki lebih banyak nutrisi yang dapat mencegah penyakit berbahaya. Namun dalam hal ini, jamur putih justru memiliki berbagai khasiat kesehatan yang tidak diketahui banyak orang.

Makanan bertekstur empuk ini ternyata mengandung beragam nutrisi esensial yang dibutuhkan tubuh. Mulai dari vitamin B, kalium, antioksidan, kalsium, hingga asam linoleat. Untuk mengetahui lebih lanjut, Okezone telah merangkum 7 manfaat jamur bagi kesehatan, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Jumat (29/12/2017).

BACA JUGA:

Trik dari Pria yang Berhasil Turunkan Berat Badan hingga 55 Kg

Menurunkan kolesterol

Jamur putih mengandung protein tanpa lemak yang dapat menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh. Secara ilmiah, kandungan protein ini berfungsi untuk membakar kelebihan kolesterol dan lemak di dalam tubuh. Jamur putih juga diperkaya akan serat dan enzim tertentu yang berkhasiat menurunkan kadar kolesterol.

Meningkatkan kesehatan tulang

Tidak banyak yang mengetahui bahwa jamur putih mengandung kalsium yang cukup tinggi, dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi jamur putih secara teratur juga dapat mengurangi kemungkinan terkena osteoporosis, nyeri sendi, dan gangguan lainnya yang berkaitan dengan degenerasi tulang.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam jamur putih sangat efektif dalam memberantas radikal bebas, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sayuran ini juga mengandung khasiat antibiotic dan anti-jamur alami yang dapat membantu menyingkirkan berbagai jenis infeksi.

Mencegah diabetes

Jamur putih mengandung insulin alami dan enzim yang membantu menghancurkan gula atau tepung dalam makanan. Mereka juga merupakan sumber kromium terbaik yang bisa mengontrol kadar gula darah dan insulin, sehingga cocok untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Menurunkan berat badan

Jamur putih mengandung banyak serat yang berfungsi memperbaiki pencernaan dan menjaga metabolisme tubuh agar tetap terkendali. Sayuran ini merupakan makanan ideal bagi Anda yang ingin mengurangi massa otot dan menurunkan berat badan, karena kandungan lemak dan karbohidratnya sangat rendah

BACA JUGA:

7 Makanan Perlu Dihindari Ibu Menyusui untuk Jaga Kualitas ASI

Menurunkan tekanan darah

Kandungan potassium yang terdapat pada jamur berfungsi sebagai vasodilator yang ampuh untuk melemaskan ketegangan di pembuluh darah. Dalam arti lain, makanan tersebut dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, kandungan kaliumnya juga dapat meningkatkan aliran darah dan ke otak yang merangsang aktivitas syaraf.

 

Mencegah kanker

Jamur putih efektif dalam mencegah kanker payudara dan kanker prostat. Hal ini disebabkan karena kandungan asam linoleatnya yang sangat membantu dalam menekan efek berbahaya dari estrogen berlebih. Jamur juga mengandung beta-glucans yang menghambat pertumbuhan sel kanker prostat.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini